1.020 Peserta Muay Thai Pecahkan Rekor MURI - Kompas.com

1.020 Peserta Muay Thai Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 10/05/2015, 14:39 WIB
Malik Afrian Rekor MURI ZINC 360 Degree Muay Thai Kick

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pemecahan rekor MURI untuk aksi tendangan 360 derajat Muay Thai Kick berhasil dilakukan. Kegiatan ini diikuti oleh 1.020 peserta.

“Secara resmi pemecahan rekor MURI untuk Muay Thai Kick dengan peserta terbanyak yang diikuti oleh 1.020 dianugerahi pada ZINC,” ucap Ketua Museum Rekor Indonesia Jaya Suprana di Senayan Jakarta, Minggu (10/5/2015). 

Aksi tendangan 360 derajat Muay Thai Kick diselenggarakan oleh ZINC, salah satu produk sampo yang lekat dengan anak muda. Gaya hidup dinamis, aktif, enerjik, dan menyukai tantangan relevan dengan jenis bela diri Muay Thai.

“Melalui acara ini, kami ingin mengenalkan kembali seni bela diri Muay Thai pada masyarakat. Awalnya target kami adalah 1.000 peserta, ternyata antusias masyarakat pada olah raga ini lebih dari ekspektasi,” tutur Brand Manager ZINC Hendarawan.

Hal serupa juga dituturkan oleh Ketua Tim Juri dari Presiden Muay Thai Profesional Indonesia Frans Mohede. Ia tak menyangka peserta hadir lebih dari target.

"Saya mewakili komunitas Muay Thai di Indonesia tidak menyangka peserta sangat banyak. Upaya kami memperkenalkan olah raga ini dalam kurun waktu 10 tahun tidak sia-sia. Terbukti dalam kompetisi ini antusias masyarakat cukup besar," ucapnya.

 

Malik Afrian Acara ZINC 360 Degree Muay Thai Kick Competition

Dalam Muay Thai Kick Competition, terdapat tiga tahapan. Pertama, setiap peserta diberi kesempatan untuk melakukan tendangan memutar. Jika lolos, dilanjutkan dengan tahap menendang pad. Pada tahap ini, peserta akan melakukannya secara berpasangan.

Pada tahap terakhir, diberikan pelatihan singkat mengenai teknik Muay Thai. Kemampuan gerakan menendang dan memukul akan dinilai. Cakupan penilaian terdapat pada tingkat kemampuan gerakan tendangan memutar dan memperagakan gerakan-gerakan dasar. 
 

Malik Afrian Pertarungan Amatir Muay Thai di ZINC 360 Degree Muay Thai Kick Competition

Bagi peserta juara satu sampai tiga akan mendapat hadiah untuk mengikuti Muay Thai Camp di Thailand dan pelatihan Muay Thai. Selain itu ada tambahan trophy dan uang tunai sebesar Rp 10 juta untuk juara 1, Rp 8 juta untuk juara 3, serta 5 juta untuk juara 3.   

Rangkaian acara diisi bukan sebatas kompetisi, ada upacara Whai Khru, gerakan penghormatan dan budaya sebelum hingga pertarungan Muay Thai dimulai. Pengunjung  juga bisa melihat pertandingan amatir Muay Thai oleh Audrey dan Monica, pertunjukan Muay Thai Kids, games dan hiburan musik.

 


EditorSri Noviyanti


Close Ads X