Kompas.com - 19/04/2015, 17:23 WIB
Ilustrasi bola basket ShutterstockIlustrasi bola basket
EditorTjahjo Sasongko
SERPONG, Kompas.com - Jurnalis Suka Olah Raga (Jusraga) bekerja sama dengan Sinar Mas Land dan Pengprov Perbasi Banten menggelar ajang basket Invitasi Bola Basket dan Pelatihan Jurnalistik Sekolah Dasar 2015 di lapangan bsaket The Breeze, BSD City, Serpong, Tangerang. Perhelatan ini digelar pada 18-19 dan 25 April dan diikuti delapan tim basket putra dan tujuh tim putri.
                
“Pengenalan pada olahraga basket hendaknya dilakukan sejak usia dini. Ajang ini untuk mengakomodir latih tanding dari sekolah dasar yang memiliki tim basket. Selain bermain basket, para peserta juga mengikuti pelatihan jurnalistik, agar mereka juga memahami dan bercerita tentang olahraga basket yang digemarinya,” ujar Ketua Panpel  Erly Bahtiar, Sabtu (18/4).  Dia menambahkan, melalui pelatihan jurnalistik para peserta juga melatih keberanian untuk tampil di muka umum, mengerti suasana pertandingan basket dan bercerita tentang pertandingan itu sendiri.
                
Sementara itu Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Tangerang, Syaifullah yang berkesempatan membuka acara ini mengatakan, olahraga basket sejak dini sangat bagus untuk perkembangan mental seorang anak. Karena selain menyehatkan badan, juga berdampak positif bagi pikiran dan mengajarkan sportivitas. “Olahraga basket di usia dini sangat bagus bagi perkembangan seorang anak. Nilai-nilai yang ada dalam olahraga seperti sportivitas, kerjasama dan strategi bisa menumbuhkan hal positif secara maksimal,” ujar Saefullah.
                
Mengenai  pelatihan jurnalistik, para peserta yang berjumlah empat orang dari setiap tim peserta, diajarkan mengenai  pemahaman meliput pertandingan basket.  Setelah mendapatkan teori, maka para peserta itu tadi melakukan praktek meliput, memotret dan reportase dari pinggir lapangan. Adapun yang menjadi obyek peliputan adalah tim basket dari masing-masing peserta pelatihan. “Pelatihan ini sangat bagus, karena memberikan pengalaman baru bagi para peserta. Biasanya mereka hanya menonton dan disini mereka diajarkan untuk meliput pertandingan basket,” ujar wartawan olahraga Eko Widodo yang menjadi pemberi materi pelatihan. Dia berharap agar para peserta mendapat nilai positif dari kegiatan ini.
                
Sementara itu salah satu orang tua murid, Vera mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Sebab selain untuk kegiatan olahraga, pelatihan jurnalistik bisa memunculkan dan mengasah talenta menulis dari anak-anak. “Kegiatan ini sangat bagus. Terutama pelatihan jurnalistik, bisa untuk melatih keberanian untuk tampil dan meningkatkan keinginan anak untuk menulis,” kata Vera. Dia berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan setiap tahunnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.