Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2015, 11:43 WIB
EditorPipit Puspita Rini
KOMPAS.com - MotoGP 2015 dimulai dengan banyak kejutan terjadi pada seri perdana di Qatar, 29 Maret lalu. Dua pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan Andrea Iannone, finis kedua dan ketiga, di belakang Valentino Rossi.

Sementara itu, tidak ada wakil Repsol Honda di atas podium. Marc Marquez dan Dani Pedrosa masing-masing finis kelima dan keenam, di belakang Jorge Lorenzo.

Tak hanya itu, banyak rekor baru pecah di Sirkuit Losail, berikut daftarnya.

- GP Qatar adalah kali pertama sejak GP China 2005 di mana tidak ada pebalap Spanyol yang naik podium di semua kelas.

- Kali terakhir klasemen tiga kelas dipimpin bukan pebalap Spanyol adalah setelah GP Spanyol 2009 di Sirkuit Jerez. Setelah balapan tersebut, klasemen dipimpin oleh Valentino Rossi (MotoGP), Hiroshi Aoyama (Moto2), dan Andrea Iannone (Moto3).

- Untuk kali pertama sejak GP Valencia 2011, tidak ada pebalap Spanyol yang memegang pole position di semua kelas.

- GP Qatar 2015 juga menghadirkan tiga pebalap Italia di podium MotoGP. Ini merupakan yang pertama sejak GP Jepang 2006 di Sirkuit Motegi.

- Untuk kali pertama sejak 2003 tidak ada pebalap Spanyol di podium pada seri perdana MotoGP dalam satu musim.

- Setelah memenangi GP Qatar, Rossi untuk kali pertama memimpin klasemen sejak dia memenangi GP Qatar 2010.

- Rossi merupakan pebalap tertua yang memimpin klasemen sejak Jack Findlay memimpin klasemen 500cc pada 1977, bersamaan dengan Barry Sheene, setelah memenangi seri kedua di Austria. Balapan tersebut diboikot oleh beberapa pebalap papan atas.

- Rossi merupakan pebalap tertua yang memanangi seri pembuka musim sejak Harold Daniell memenagi balapan 500cc pada 1949.

- Ducati menghadirkan dua pebalap di podium MotoGP untuk kali pertama sejak GP Aragon 2011 ketika Casey Stoner memenangi balapan dan Nicky Hayden finis ketiga.

- Untuk kali pertama pebalap non-Spanyol memimpin klasemen MotoGP sejak Casey Stoner melakukannya setelah memenangi GP Portugal 2012.

- Kali terakhir pemegang gelar juara dunia MotoGP tidak finis podium pada seri perdana adalah pada 2007, ketika juara dunia 2006, Hayden, finis ke-8 di Qatar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber MotoGP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+