Kompas.com - 30/03/2015, 10:47 WIB
EditorPipit Puspita Rini
DOHA, KOMPAS.com - Andi "Gilang" Farid Izdihar jadi pebalap Indonesia pertama yang bisa naik podium tertinggi di Sirkuit Losail, Qatar. Dia berhasil menjuarai race kedua Shell Advance Asia Talent Cup, Minggu (29/3/2015).

Punya kesempatan terlibat dalam program pembinaan bagi para pebalap muda Asia tersebut, Gilang mengaku banyak belajar.

"Levelnya berbeda (dari event lain yang pernah diikuti). Dari motor sudah jelas berbeda karena memakai motor yang memang untuk balapan. Persaingannya juga ketat," kata pebalap 17 tahun tersebut.

"Asia Talent Cup bagus untuk mengembangkan diri, jadi ketika nanti ikut balapan yang lebih tinggi sudah enggak kaget lagi, lebih siap, dan bisa beradaptasi lebih cepat," lanjutnya.

Ketika Asia Talent Cup digelar berbarengan dengan MotoGP, seperti pada GP Qatar akhir pekan kemarin, Gilang memanfaatkan setiap kesempatan untuk bejalar.

"Jaman sekarang yang juara balapan kan dari Spanyol dan Italia, dan di sini banyak bertemu mereka, jadi saya bisa memperhatikan bagaimana cara kerja mereka supaya bisa menjadi lebih baik," aku pebalap binaan Honda Indonesia tersebut.

Satu lagi keistimewaan ikut Asia Talent Cup adalah bisa bertemu Alberto Puig, yang memang diberi tanggung jawab oleh Dorna untuk menangani program ini. Meski tidak pernah melihat aksi Puig ketika masih aktif membalap, Gilang tahu bahwa pria Spanyol tersebut lah yang dulu membesut Casey Stoner dan Dani Pedrosa.

"Puig orangnya tegas. Dia selalu berpesan ke saya, 'Kamu harus nge-push terus setiap lap saat balapan. Konsentrasi harus full terus karena itu bagus untuk melatih mental kamu'," tutur Gilang.

Asia Talent Cup di Qatar merupakan seri kedua dari enam yang dijadwalkan, dengan setiap seri terdiri dari dua balapan. Seri pertama digelar di Thailand, pekan lalu. Pada race pertama di Qatar, Sabtu (28/3/2015), Gilang berhasil finis kelima.

Seri ketiga akan digelar di Sirkuit Sepang (Malaysia), berbarengan dengan balapan Superbike, awal Agustus mendatang.

Dari hasil dua seri, Gilang saat ini berada di peringkat kelima klasemen dengan 49 poin. Sementara pebalap Indonesia lainnya, Gerry Salim, berada di peringkat ketujuh dengan 38 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.