Kompas.com - 27/03/2015, 23:59 WIB
EditorTjahjo Sasongko


SEMARANG, KOMPAS.com
 — Tim tuan rumah sekaligus juara LIMA Badminton Kaskus Central Java dan DIY Conference, Universitas Semarang (USM) putra, terpaksa harus menelan kekalahan dari perwakilan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan skor 2-3 pada hari kedua LIMA Badminton Nationals, Jumat (27/3/2015), yang dilaksanakan di GOR USM Semarang.

USM yang kemarin menang dari Universitas Budi Luhur dengan skor 3-2 tidak berdaya meladeni pemain-pemain dari UNJ yang lebih bugar secara fisik. Sementara itu, USM hanya memiliki waktu satu hari untuk beristirahat usai bertanding di LIMA Badminton Kaskus Central Java dan DIY Conference.

“Pemain kami kelelahan. Setelah final LIMA Badminton Kaskus Central Java dan DIY Conference, kami harus bermain dua kali menghadapi tim-tim tangguh dari Bandung dan Jakarta hanya dalam waktu satu hari,” tutur Andhika, manajer tim USM, mengenai kondisi para pemainnya.

USM memimpin terlebih dahulu lewat tunggal putra pertama, Muhammad Saripudin, yang harus berjibaku mendapatkan poin untuk kemenangan timnya melalui pertarungan rubber game atas Ibnu Yushor dengan skor 11-21, 21-16, dan 11-8.

Lewat partai kedua, UNJ yang menurunkan pasangan Soleh/Novian juga tidak mudah merengkuh kemenangan, melalui pertarungan rubber game yang memakan waktu hingga 45 menit saat melawan Fuad/Roymond dengan skor akhir 20-22, 21-18, dan 11-7. Kedudukan imbang 1-1.

Pada partai ketiga, Rizqi/Stefanus/Syaeful menang tipis dari Candra/Fradika/Miftachul dengan skor 21-19 dan 21-17. UNJ yang merupakan peringkat kedua LIMA Badminton Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference unggul 2-1 atas tim tuan rumah.

Tertinggal 2-1, Fuad Alfaris, pemain tunggal putra kedua USM, menjadi tumpuan untuk bisa menang guna mengubah kedudukan menjadi imbang, 2-2. Sayangnya, Fuad yang berhadapan dengan Yakub gagal memenuhi harapan tim tuan rumah. Kalah tipis 20-22 pada set pertama, Fuad tak berdaya di set kedua dengan kalah 10-21. Micky/Muhammad memperkecil ketertinggalan USM menjadi 2-3 usai menang dari Barra/Jajang dengan skor 21-16, 18-21, dan 11-8.

"Pertandingan ini merupakan partai penentuan. Jadi, kami memang targetkan harus menang pada game ini," ungkap Febrian Rachmadanu, manajer tim UNJ, ketika ditemui seusai pertandingan.

Dari tim putri, Universitas Trisakti masih terlalu tangguh untuk Universitas Negeri Yogyakarta. Trisakti yang merupakan runner-up Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference mampu menumbangkan UNY dengan skor 2-1. Trisakti kehilangan poin dari partai triples ketika Amelia/Intan/Keke kalah rubber game dari Indiana/Monica/Riesti dengan skor 20-22, 21-15, dan 8-11.

Berikut hasil pertandingan LIMA Badminton Nationals, Jumat:
Unikom vs Univ Budi Luhur (pa): 4-1
USM vs UNJ (pa): 2-3
UNY vs Trisakti (pi): 1-2
Unikom vs Univ Brawijaya (pi): 3-0
Trisakti vs Univ Brawijaya (pa): 4-1
UNY vs UPI (pa): 0-5
Unikom vs UNJ (pa): 5-0
UPH vs UNS (pi): 2-1
STKIP Pasundan vs Univ Budi Luhur (pa): 3-2

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.