Kompas.com - 21/02/2015, 12:21 WIB
Edi Subakhtiar/Gloria Emmanuelle Widjaja PBSIEdi Subakhtiar/Gloria Emmanuelle Widjaja
EditorTjahjo Sasongko

WINA, Kompas.com - Indonesia berhasil menempatkan enam wakil di babak semifinal Austrian Open International Challenge 2015, Sabtu (21/02/2015).

Keenam wakil tersebut adalah ganda campuran : Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani, ganda putri : Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari, Suci Rizky Andini/Maretha Dea Giovani, ganda putra : Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto serta Hera Desi di tunggal putri. Punggawa Indonesia bahkan berpeluang menciptakan all Indonesian final di sektor ganda putri dan ganda campuran, jika nantinya mereka menang dari lawan masing-masing di babak semifinal hari ini, Sabtu (21/2).

Pada hari Jumat (20/2), turnamen berhadiah USD 15.000 ini mempertandingkan babak 16 besar serta perempat final pada sore harinya. Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani menjadi wakil pertama yang berhasil lolos ke semifinal setelah mengalahkan Nico Ruponen/Amanda Hogstorm (Swedia) dengan skor 21-16, 21-19.

“Saya dan Melati tadi bermain cukup tenang, bisa mengendalikan permainan dari awal sampai akhir. Hanya saja saat game kedua, kami sempat tegang. Dari unggul 17-13, sempat tersusul menjadi 17-17. Tapi untungnya kami bisa kembali mengendalikan permainan dan memenangkan pertandingan,” tutur Ronald kepada badmintonindonesia.org

Perjalanan pasangan berperingkat 43 dunia ini ke babak semifinal belum menemukan kendala. Di babak pertama mengalahkan pasangan Swiss, Oliver Schaller/Celine Burkart 21-17, 21-5. Sedangkan di babak kedua, Ronald/Melati mengalahkan rekan se-Pelatnas, Muhammad Rian Ardianto/Rosyita Eka Putri Sari 21-18, 21-13. “Kami mainnya sudah bagus dan enak. Hanya saja terkadang masih error sendiri,” ujar Melati.

Senada dengan Melati, Ronald juga menyatakan sudah cukup puas dengan permainan mereka. “Untuk penampilan, kami sudah cukup puas. Sudah sesuai dengan yang diharapkan.”

Di babak semifinal yang akan digelar hari ini, Sabtu (21/2), pukul 10.00 waktu setempat, Ronald/Melati akan menghadapi unggulan enam, Zvonimir Durkinjak/Eva Lee (Kroasia/Amerika Serikat). Ronald/Melati pun menyatakan kesiapannya menghadapi babak semifinal hari ini.

“Yang pasti harus lebih fokus dan konsentrasi lagi karena lawan di semifinal juga bagus,” tutur Melati. “Ditambah menjaga kondisi badan, karena cuaca di sini dingin, beda dengan di Indonesia,” tambah Ronald.

Di babak perempat final lainnya, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja menyusul lolos ke semifinal setelah mengalahkan Jonathan Nordh/Emilie Fabbeke (Swedia), 21-17, 21-18. Sedangkan pasangan ganda putri unggulan ke-tujuh, Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari melangkah ke semifinal setelah menang atas pasangan Rusia, Irina Khlebko/Elena Komendrovskaja 21-10, 21-15.

Unggulan delapan, Suci Rizky Andini/Maretha Dea Giovani menang dari Eva Lee/Paula Lynn Obanana (Amerika Serikat/2) 21-15, 21-15 dan memastikan tiket ke semifinal. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga ke semifinal setelah memenangkan “perang saudara” dari Berry Angriawan/Ryan Agung Saputra dengan skor 21-16, 19-21, 21-19. Tiket semifinal terakhir diamankan Hera Desi setelah mengalahkan wakil Indonesia juga, Maria Febe Kusumastuti 21-10, 21-12.

Jadwal semifinal Austrian Open International Challenge 2015 :
Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani (Indonesia/4) vs Zvonimir Durkinjak/Eva Lee (Kroasia/Amerika Serikat/6)
Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia/3) vs Evgenij Dremin/Evgenia Dimova (Rusia/2)
Hera Desi (Indonesia) vs Linda Zetchiri (Bulgaria/2)
Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari (Indonesia/7) vs Heather Olver/Lauren Smirth (Inggris)
Suci Rizky Andini/Maretha Dea Giovani (Indonesia/8) vs Wu Qianqian/Xia Chunyu (Tiongkok)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia/8) vs Matijs Dierickx/Freek Golinski (Belgia/2) (/*)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X