Indonesia Punya Banyak Atlet Skateboard Berprestasi

Kompas.com - 10/12/2014, 20:04 WIB
Acara Jumpa Pers Indonesia International Urban Sport Festival di Auditorium Kemenpora, Jakarta (10/12/2014)'
KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARIAcara Jumpa Pers Indonesia International Urban Sport Festival di Auditorium Kemenpora, Jakarta (10/12/2014)'
|
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com - Skateboard bukanlah olahraga populer di Indonesia, tetapi memiliki peminat yang cukup besar. Diciptakan pada awal 1950-an, olahraga yang menuntut keseimbangan tubuh serta menantang adrenalin ini telah menjelma menjadi olahraga yang digemari banyak orang, khususnya generasi muda.

Di Indonesia, terdapat 30.000 lebih skateboarder yang tersebar di berbagai daerah. Hal ini diungkapkan oleh Mulyo Suri Kresno, Ketua Federasi Skateboard Indonesia, pada acara jumpa pers Indonesia International Urban Sport Festival, di Auditorium Kementrian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Meski berlatih dengan fasilitas yang sangat minim serta perhatian yang kurang, prestasi atlet skateboard Indonesia sebenarnya patut diperhitungkan. Baru-baru ini, Mulyo membawa atlet skateboard Indonesia ke Amerika untuk bertanding di kejuaraan dunia yang diadakan oleh salah satu brand internasional. Indonesia berhasil masuk 10 besar, bersanding dengan atlet-atlet skateboard dunia.

"Skateboard  sudah berjalan dari tahun 1997 di Indonesia, dan yang paling membanggakan, skateboarder di Indonesia yang berprestasi ini sudah dapat menghidupi keluarga dari main skateboard." ujar Mulyo.

Para atlet skateboard yang berprestasi ini mendapatkan gaji, bonus, asuransi, dan juga biaya perjalanan dan lomba, dari pihak sponsorship.

"Jadi, sudah ada kira-kira 100 skateboarder yang dapat hidup, bukan hanya menghidupi diri sendiri, tetapi juga bisa menghidupi keluarganya dengan layak dari bermain skateboard," tambah Mulyo.

Akhir tahun ini, 70 atlet skateboard nasional serta 25 skateboarder internasional akan berkompetisi di acara Indonesia Internasional Urban Sport Festival, di Batam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X