Kompas.com - 10/12/2014, 12:19 WIB
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, merayakan kemenangan di atas podium Sirkuit Ricardo Tormo setelah finis pertama pada GP Valencia, Minggu (9/11/2014). MOTOGP.COMPebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, merayakan kemenangan di atas podium Sirkuit Ricardo Tormo setelah finis pertama pada GP Valencia, Minggu (9/11/2014).
EditorPipit Puspita Rini
KOMPAS.com - Juara Dunia MotoGP Marc Marquez kemungkinan akan pindah tempat tinggal dari Spanyol ke Andorra. Fakta bahwa Andorra menawarkan kebijakan pajak yang rendah jadi salah satu pertimbangan para bintang olahraga untuk memilih tinggal di sana.

Kakak beradik yang juga pebalap MotoGP, Aleix dan Pol Espargaro, sudah tinggal di Andorra. Sementara Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo memilih untuk tinggal di Swiss yang juga merupakan tax haven, yaitu negara atau kawasan yang menawarkan pajak rendah atau bebas pajak.

Beberapa pihak mempertanyakan mengapa Marquez masih bertahan di Spanyol. Apalagi, Andorra hanya berjarak sekitar 120 kilometer dari kota kelahirannya, Cervera.

Menurut beberapa media di Spanyol, Marquez -yang dikabarkan mendapatkan kontrak 10 juta euro (Rp 152 miliar) per tahun dari Honda- akan dikenai pajak 49% di Spanyol. Bandingkan dengan potongan 30.000 euro (ditambah 50.000 euro untuk biaya masuk) jika dia tinggal di Andorra. Setelah beberapa tahun di sana, pajaknya akan naik menjadi 10% dari pendapatannya.

Marquez paling tidak harus berada di Andorra selama 183 hari dalam satu tahun untuk mendapatkan ijin tinggal di sana.

Monaco adalah negara lain yang jadi favorit para atlet berpenghasilan tinggi untuk tinggal. Monaco yang juga merupakan tax haven memberlakukan bebas pajak penghasilan dan pajak rendah untuk bisnis.

Juara Dunia Formula 1 Lewis Hamilton memilih tinggal di sana. Beberapa bintang tenis juga memilih berdomisili di Monaco, di antaranya Novak Djokovic dan Caroline Wozniacki.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.