Tak Ada Lagi Poin Dobel di Formula 1

Kompas.com - 04/12/2014, 13:38 WIB
Pebalap Red Bull asal Jerman, Sebastian Vettel memimpin pebalap lain saat memasuki tikungan pertama Sirkuit Yas Marina pada lap pertama GP Abu Dhabi, Minggu (3/11/2013). AFP PHOTO/TOM GANDOLFINIPebalap Red Bull asal Jerman, Sebastian Vettel memimpin pebalap lain saat memasuki tikungan pertama Sirkuit Yas Marina pada lap pertama GP Abu Dhabi, Minggu (3/11/2013).
EditorPipit Puspita Rini
DUBAI, KOMPAS.com - Untuk kali pertama dalam sejarah, Formula 1 2014 memberlakukan sistem poin dobel pada seri terakhir. Pada 2015, sistem ini tak akan lagi dipakai. Keputusan ini ditetapkan Federasi Otomobil Internasional (FIA) di Dubai, Rabu (3/12/2014).

Pada GP Abu Dhabi 2014, November, para pebalap yang finis 10 besar mendapat poin dua kali lipat dari yang didapatkan ketika turun pada seri-seri sebelumnya.

Awalnya, sistem ini dibuat untuk memanaskan persaingan menjadi juara dunia hingga seri terakhir. Namun, sitem ini banyak mendapat reaksi negatif dari berbagai pihak.

FIA juga membuat ketetapan baru seputar keberadaan safety car di lintasan untuk menghindari penundaan balapan yang terlalu lama.

Pada aturan sebelumnya, salah satu indikator safety car bisa meninggalkan lintasan adalah ketika mobil yang di-overlap pebalap lain sudah kembali ke rombongan dalam urutan yang seharusnya, mulai dari pemimpin balapan.

Sekarang, ketika mobil terakhir yang di-overlap sudah melewati pemimpin balapan (semua pebalap berada pada lap yang sama), safety car bisa masuk pit pada akhir lap berikutnya tanpa harus menunggu mobil tersebut berada dalam rombongan secara berurutan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Crash
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X