Kompas.com - 25/11/2014, 16:01 WIB
EditorPipit Puspita Rini
KOMPAS.com - Ketika bendera putih berkibar di tengah jalannya balapan MotoGP, berarti para pebalap diperbolehkan berganti motor karena hujan. Mereka boleh masuk pit untuk berganti motor dengan ban basah.

Sistem flag-to-flag yang mulai diperkenalkan pada 2005 ini merupakan solusi terbaik untuk menghindari balapan dihentikan karena terjadinya hujan.

Bendera putih berkibar bukan berarti para pebalap wajib berganti mesin. Mereka mendapatkan pilihan untuk berganti motor. Karena itulah ketika marshal mengibarkan bendera ini, tidak lantas para pebalap masuk ke pit.

Namun, kecelakaan yang menimpa Dani Pedrosa dan Marc Marquez di Aragon, akhir September, harusnya jadi pelajaran. Kedua pebalap Repsol Honda tersebut tengah berada di depan dan demi menghindari kehilangan posisi mereka memilih bertahan dengan ban kering ketika hujan turun.

Balapan tinggal menyisakan empat putaran ketika Pedrosa terjatuh. Satu putaran berikutnya, giliran Marquez yang kehilangan kendali motor. Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, yang sudah berganti motor dengan ban basah, akhirnya keluar sebagai juara.

"Menurut saya, untuk kepentingan tontonan, (flag-to-flag) sangatlah bagus," kata Lorenzo. Namun, Lorenzo menilai bahwa keputusan untuk tetap membalap dengan ban kering ketika hujan mulai turun adalah berbahaya.

"Saya pernah mengatakan tentang satu kemungkinan saat bendera putih berkibar, dan pebalap masuk (pit). Jangan katakan 'sekarang hujan, kamu boleh masuk pit kalau mau'. Namun, katakan 'kamu harus masuk'. Hal ini akan bagus," lanjut Lorenzo.

"Menurut saya, ketika bendera putih berkibar, semua pebalap punya waktu dua putaran untuk masuk pit. Namun, mereka tidak suka usul saya jadi ini akan sama saja," kata pebalap 27 tahun tersebut.

Keputusan untuk berganti motor juga pernah jadi bencana bagi Lorenzo. Pada seri terakhir di Valencia, awal November lalu, Lorenzo memutuskan berganti motor saat bendera putih berkibar. Sialnya, hujan berhenti. Dengan ban basah, Lorenzo tak bisa bersaing dengan pebalap lain dan akhirnya memutuskan berhenti dari balapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.