Finis Pertama di Abu Dhabi, Hamilton Juara Dunia Formula 1 2014

Kompas.com - 23/11/2014, 21:45 WIB
Pebalab Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, memacu mobilnya pada balapan GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (23/11/2014). AFP PHOTO/MARWAN NAAMANIPebalab Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, memacu mobilnya pada balapan GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (23/11/2014).
EditorPipit Puspita Rini
ABU DHABI, KOMPAS.com - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, resmi menjadi Juara Dunia 2014. Finis pertama pada seri terakhir musim ini di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pebalap Inggris tersebut menutup musim dengan total poin 384.

Hamilton memulai balapan dengan baik. Start dari posisi kedua, dia melesat meninggalkan Nico Rosberg yang start dari pole position.

Rosberg yang tertinggal 17 poin dari Hamilton di klasemen harus finis pertama untuk membuka peluang bisa meraih gelar juara dunia. Namun, petaka justru menghampirinya.

Memasuki lap ke-25 dari 55 yang dijadwalkan, dia mulai melambat. Pebalap Jerman tersebut kehilangan tenaga pada mobilnya. "Saat ini tidak ada Energy Recovery System (ERS). Katakan apa yang harus saya lakukan," kata Rosberg lewat radio.

Pada putaran ke-27, Felipe Massa melewati Rosberg untuk mendapatkan tempat kedua di belakang Hamilton.

Pada lap berikutnya, Pastor Maldonado dari tim Lotus harus berhenti dari balapan karena bagian belakang mobilnya terbakar.

Rosberg melakukan pit stop kedua pada akhir lap ke-34. Saat kembali, dia berada di urutan ketujuh, tetapi Sebastian Vettel sudah mengincar di belakanganya. Pada lap ke-38, Vettel menggesernya ke posisi ke-8.

Ketika Rosberg dalam posisi semakin sulit, Hamilton di depan semakin cepat. Dia mencatat putaran tercepat dalam 1 menit 45,923 detik. Sementara Massa yang berada di posisi kedua melakukan pit stop dan berganti ban supersoft.

"Massa memakai ban supersoft, tingkatkan kecepatan," Mercedes mengingatkan Hamilton lewat radio.

Dengan ban supersoft dan masih baru, Massa melaju cepat mendekati Hamilton. Pebalap Brasil ini mencatat putaran tercepat dalam 1 menit 44,826 detik dan pada lap ke-48 dia tertinggal 6,7 detik dari Hamilton.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X