Kompas.com - 12/11/2014, 10:10 WIB
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengelap keringat di wajahnya saat menghadapi pemain Indonesia, Tommy Sugiarto, pada perempat final Jepang Terbuka di Tokyo, Jumat (13/6/2014). Lee menang 21-15, 12-21, 21-17. AFP PHOTO/KAZUHIRO NOGIPebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengelap keringat di wajahnya saat menghadapi pemain Indonesia, Tommy Sugiarto, pada perempat final Jepang Terbuka di Tokyo, Jumat (13/6/2014). Lee menang 21-15, 12-21, 21-17.
EditorTjahjo Sasongko

PETALING JAYA, KOMPAS.com — Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya secara resmi menjatuhkan larangan bertanding buat pemain peringkat satu dunia, Lee Chong Wei, karena terbukti positif doping.

Dengan keputusan ini, Chong Wei, yang terbukti positif mengonsumsi asupan dexamethasone dalam sampel A dan B miliknya, tidak diperbolehkan berlaga dalam kompetisi mana pun.

Pelarangan ini berlaku hingga dilakukan hearing oleh BWF untuk menentukan besaran hukuman yang akan diterima Chong Wei. Menurut pihak Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), pihaknya belum menerima pemberitahuan dari BWF kapan hearing akan dijalankan.

Pihak BAM juga telah mendapat izin dari BWF untuk membuka identitas atlet yang positif doping tersebut. Sebelumnya, pihak BAM tak mau membuka identitas meski publik telah tahu atlet tersebut adalah Lee Chong Wei.

"Ya, kami pastikan atlet tersebut adalah Lee Chong Wei. Namun, lewat hubungan komunikasi langsung dengan pihak BWF, mereka belum memberi tahu jadwal hearing yang akan dijalani," kata Wakil Ketua BAM Datuk Norza Zakaria.

BAM akan berusaha meminta BWF agar mempercepat jadwal hearing atau dengar pendapat buat Chong Wei. Mereka telah meminta bantuan pengacara khusus olahraga asal Inggris, Mike Morgan, agar hukuman peraih medali perak Olimpiade 2008 dan 2012 ini diperingan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X