Kompas.com - 28/10/2014, 16:58 WIB
|
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, Kompas.com - Liga Mahasiswa (LIMA) Season 3 resmi bergulir dengan diawali pertandingan LIMA Basketball yang berlangsung hingga Februari 2015.

Pada season 3 ini, LIMA memperluas kompetisi dengan membuka Sumatra Conference (SC) untuk LIMA Basketball 2014-2015 yang akan berpusat di kota Padang.

Perluasan kompetisi ini dirasakan perlu oleh LIMA mengingat jumlah peserta setiap tahun semakin meningkat. Saat ini sudah terdaftar 105 tim dari 63 perguruan tinggi se Indonesia. Jumlah ini akan ditambah tim dari Sumatera Conference (SC) dan Nusantara Conference (NC) pada pendaftaran fase berikutnya.

"Karena partisipan yang terus meningkat, kami membuka Sumatera Conference dan berencana membuka Sulawesi, Kalimantan dan East Indonesia Conference pada masa depan," ungkap CEO Liga Mahasiswa, Ryan Gozali di Jakarta, Selasa (28/10/2014).

Menurut Ryan Gozali, peningkatan jumlah peserta ini menunjukkan semakin tingginya kepercayaan para penggemar basket terutama di sektor perguruan tinggi atas kredibiltas LIMA. "Bagi kami, menggelar event semacam ini bukan sekadar usaha atau mencari keuntungan. Harus ada sisi pembinaan dan untungnya ini sejalan dengan adanya sponsor,"lanjut Ryan.

Bergulirnya kembali LIMA Basketball disambut baik Komisaris LIga Mahasiswa, Erick Tohir. Erick melihat perkembangan bola basket di kalangan perguruan tinggi semoga saja dapat mendukung blue print olahraga Indonesia. "Semakin banyak pemain yang baik di tingkat amatir dan pro akan membuat resources yang semakin baik buat timnas,"kata Erick.

Hal senada diungkap Agus Mauro dari PP Perbasi. Ia mengakui prestasi bola basket Indonesia tengah merosot karena kurangnya pemain berbakat. "Kita melakukan jenjang pembinaan dari U-14, U-15, U-18, antarklub, mahasiswa dan profesional. Dari semua sumber ini kita berharap dapat menjaring pemain yang layak masuk timnas," kata Mauro.

Liga Mahasiswa (LIMA) didirikan pada 15 Mei 2012 dengan mencakup LIMA basketball, badminton, futsal, swimming dan golf. Untuk musim 2015, LIMA Badminton dan LIMA Futsal akan berlangsung di Yogya dan Bandung pada Maret-Juli 2015. Sementara LIMA swimming dan golf akan berlangsung di Yogya dan Jakarta pada September 2015.

Berikut jadwal LIMA Basketball
1. Kaskus Central Java Conference Solo (23-26 Oktober, 4-8 November, 6-7 Desember)
2. kaskus DIY Conference Sleman (26-31 Oktobver, 11-16 November, 25-30 November)
3. Bli.Bli.Com West java Conference Bandung (28 Oktober-2 November, 24-28 November, 4-7 Desember)
4. Air MIneral Prima Greater jakarta Conference (3-9 Nov, 17-23 Nov, 1-7 Desember)
5. McDonald east Java Conference Surabaya (18-23 Nov, 2-7 Des)
6. McDonald East Java Conference Malang (26-30 Nov, 17-21 Des)
7. Sumatera Conference Padang (12-18 Januari 2015)
8. Nusantara Conference Surabaya (23-28 Januari 2015)
9. LIMA Nationals Surabaya (1-8 Februari 2015)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.