Perenang Indonesia Pecahkan Rekor Dunia Renang 50 Meter Para Games

Kompas.com - 24/10/2014, 19:23 WIB
Logo Asian Games Para Games 2014 Asian Para GamesLogo Asian Games Para Games 2014
EditorPalupi Annisa Auliani
KOMPAS.com - Mulyana, perenang Indonesia, memecahkan rekor dunia nomor 50 meter gaya kupu-kupu kelompok S4, di babak final Asian Paragames 2014 di Munhak Stadium, Incheon, Korea Selatan, Kamis (23/10/2014).

Mulyana yang turun di lintasan empat menyentuh garis finis dengan catatan waktu 39,44 detik. Capaian itu mematahkan rekor dunia yang sebelumnya dipegang Darko Duric dari Slovakia, dengan catatan waktu 40,48 detik, saat tampil di Paralympic di London, Inggris, pada 2012.

Sejak awal start, perenang asal Purwakarta, Jawa Barat, tersebut terus memimpin di depan. Namun, sekitar lima meter sebelum garis finis, Mulyana memperlambat kayuhan tangannya, karena dia sedang cedera pergelangan tangan.

Meski demikian, lawan-lawan Mulyana masih tertinggal jauh di belakangnya, sehingga dia tetap menjadi perenang pertama yang mencapai garis finis. Tak hanya medali emas, rekor dunia pun pecah.

Dimin BA, pelatih renang Indonesia mengatakan, jika pergelangan tangannya tak kesakitan, Mulyana bisa lebih mempertajam catatan waktu. Menurut mantan pelatih Perkumpulan Renang (PR) Bina Taruna Purwokerto ini, dalam latihan Mulyana bisa mencapai catatan waktu lebih tajam, yaitu 36,15 detik.

"(Namun), yang penting kita bisa mendapatkan medali emas, dan Mulyana memecahkan rekor dunia," kata Dimin seperti dilansir dari Antara. Dengan rekor dunia ini, Mulyana juga dipastikan lolos ke Paralympic di Brasil pada 2016.

(Andy Pribadi)



Sumber Warta Kota
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X