Kompas.com - 21/10/2014, 18:04 WIB
EditorTjahjo Sasongko
PARIS, Kompas.com - Pebulutangkis Indonesia kembali berburu gelar di ajang Perancis Terbuka Super Series 2014 yang ini digelar di stadion Pierre de Coubertin, Paris, pada 21-26 Oktober 2014.

Indonesia mengirimkan banyak pemain ke turnamen berhadiah total 275 ribu dollar AS ini. Sektor dengan wakil terbanyak adalah sektor ganda campuran dengan tujuh wakil, termasuk pasangan andalan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Sedangkan di nomor tunggal putra, pebulutangkis peringkat lima dunia, Tommy Sugiarto, juga ikut ambil bagian.

Di nomor ganda putra, Juara Dunia 2013 Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus absen di turnamen ini, begitu pula pasangan pelatnas prestasi Angga Pratama/Rian Agung Saputro. Namun ganda pelapis akan tampil yaitu Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf.

Berstatus non unggulan, kedua pasangan ini akan dihadapkan dengan lawan-lawan yang diunggulkan pada babak awal. Di babak pertama, Wahyu/Ade akan ditantang unggulan ketujuh, Hong Wei/Chai Biao (Tiongkok). Sedangkan Ricky/Berry berhadapan dengan wakil Thailand, Patiphat Chalardchaleam/Wannawat Ampunsuwan di babak pertama. Jika lolos, pasangan rangking 27 dunia ini kemungkinan besar akan berjumpa dengan Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, unggulan kedua dari Jepang.

Diungkapkan Aryono Miranat selaku Asisten Pelatih Ganda Putra Pelatnas Prestasi PP PBSI, berhadapan dengan pemain unggulan di babak awal sudah menjadi resiko pemain-pemain dengan peringkat yang rendah. Namun bukan berarti ini adalah harga mati, sebagai non unggulan, kedua pasangan ganda putra ini malah dianggap dapat tampil lepas dan tanpa beban, karena para unggulanlah yang difavoritkan memenangi pertandingan.

“Ketemu lawan yang diunggulkan harusnya lebih enak, karena mereka tanpa beban, nothing to lose saja. Apalagi Ricky/Berry dan Wahyu/Ade sudah beberapa kali ikut turnamen level super series, jadi sudah tahu atmosfer pertandingan dan mengetahui siapa lawan-lawannya,” kata Aryono kepada Badmintonindonesia.org.

“Selain untuk menimba pengalaman, turnamen ini bisa dimanfaatkan Ricky/Berry dan Wahyu/Ade untuk mendongkrak poin mereka. Jika sekarang rangking mereka ada di posisi 20-an, setidaknya akhir tahun harus masuk 15 besar,” ujar Aryono yang ditemui di stadion pertandingan.

Babak utama Perancis Terbuka Super Series 2014 akan berlangsung pada malam ini, Selasa (21/10) mulai pukul 19.00 waktu Paris, dimulai dengan nomor ganda campuran, sedangkan empat nomor lainnya, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra dan ganda putri baru akan dimainkan besok, Rabu (21/10).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.