Kompas.com - 19/10/2014, 21:38 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Walaupun di etape terakhir Minggu (19/10/2014) berada di posisi 44, Peter Pouly, pembalap asal Perancis yang tergabung dalam Singha Infinite Cycling berhasil menjuarai International Tour De Banyuwangi Ijen 2014.

Ia berhasil mencatatkan waktu paling cepat selama empat etape ITdBI ini. Dia juga sekaligus mempertahankan gelar King of Mountain sejak etape tiga yang memberinya banyak poin. Di hadapan wartawan Minggu (19/10/2014) ia mengatakan tidak menyangka bisa menang dalam kejuaraan yang pertama kali ia ikuti.

"Apalagi ada tim Iran yang menjadi juara terbaik Asia bahkan di tanjakan Ijen pun pebalap lain saling menunggu pebalap Iran melakukan aksinya," jelas Peter Pouly.

Duet pembalap lainnya asal tim Pishgaman Yazd Iran, Hossein Askari dan Amir Zargari menempati posisi kedua dan ketiga. Hossein Askari hanya terpaut 55 detik di
belakang Pouly. Sedangkan Amir Zargari terpaut 1 menit dan 46 detik di belakang pembalap asal Perancis tersebut.

Sementara itu, Tabriz Petrochemical Team, Iran berhasil mempertahankan juara untuk kategori tim. Hal tersebut berkat keberhasilan Mehdi Sohrabi sebagai pemenang etape keempat.

Tabriz mengungguli dua tim asal Iran lainnya, Pishgaman Yazd Cycling Team dan Tabriz Shah dari Ranking Continental Team (T SR).

Manajer Tabriz, Ahad Kazemi Sarai di hadapan para wartawan mengaku untuk tahun ini masih belum beruntung dan berjanji akan tampil lebih maksimal pada penyelenggaraan tahun depan. "Mungkin karena tahun ini racenya lebih banyak jadi pembalap kelelahan," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu Bambang Suryadi asal Tim Jatim berhasil mengukuhkan diri sebagai Best Indonesian Rider. Sedangkan Best Sprint (green Jersey) mampu diraih Rastra Patria dari Pegassus Continental Cycling.

Tim Jatim sebagai keluar sebagai tim Indonesia terbaik ITDBI yang digelar pada 16–19 Oktober 2014 lalu merupakan balap sepeda kali ketiga yang digelar Pemkab Banyuwangi. Balap sepeda empat etape yang pada tahun ini menempuh jarak 622 km ini telah masuk agenda UCI (Union Cycliste Internationale).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.