Diskors 6 Bulan, Phelps Dicoret dari Kejuaraan Dunia

Kompas.com - 07/10/2014, 09:58 WIB
Michael Phelps Michael Phelps
EditorTjahjo Sasongko

WASHINGTON, Kompas.com - Peraih 18 emas Olimpiade, Michael Phelps, dihukum enam bulan oleh badan renang AS dan tidak akan tampil dalam Kejuaraan Dunia 2015.

Hukuman yang dijatuhkan Senin, terjadi enam hari setelah Phelps ditahan polisi di kampung halamannya di Baltimore karena mengemudi dalam keadaan mabuk, melebihi kecepatan maksimum dan melintasi garis batas di dalam terowongan.

Pada Minggu, Phelps mengatakan melalui Twitter bahwa ia akan isirahat dari renang dan akan "mengikuti program" untuk mengobati masalah pribadinya yang tidak disebutkan secara spesifik.

Ketika mengumumkan sanksi atas perenang bintang Olimpiade itu, Direktur Eksekutif Renang AS Chuck Wielgus mengatakan, aksi yang dilakukan Phelps menimbulkan "konsekuensi signifikan".

"Michael dikenal masyarakat secara umum sehingga perbuatannya itu menimbulkan dampak khusus, menyangkut perwatakan dan sikapnya terutama dalam bidang olahraga, sehingga ia harus memperbaiki penampilan kepribadiannya," kata Wielgus.

"Kami memahami hal itu dan akan sepenuhnya membantu pengembangan kepribadiannya dan disiplin dirinya. Ia dihukum enam bulan sesuai dengan aturan renang AS dalam usaha 'memperbaiki citra dan reputasi" renang AS," katanya.

Phelps masih diijinkan berlatih bersama klubnya, tetapi tidak boleh ikut bertanding dalam kompetisi di bawah naungan renang AS, hingga 6 Maret 2015.

Menurut federasi renang AS, Phelps sudah setuju untuk tidak hadir dalam Kejuaraan Renang 2-9 Agustus di Kazan, Rusia.

Dunia renang mengharapkan Phelps dapat berlomba di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Perenang berusia 29 tahun itu pernah menyatakan mundur setelah Olimpiade London 2012. Ia memiliki rekor menyandang 22 medali Olimpiade dan akhirnya muncul lagi awal tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber AFP/ANTARA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X