Delegasi Qatar: Larangan Berhijab di Asian Games adalah Penghinaan

Kompas.com - 26/09/2014, 03:02 WIB
Kontingen Qatar dalam upacara pembukaan Asian Games 2014, Jumat (19/9/2014). AFP PHOTO / JUNG YEON-JEKontingen Qatar dalam upacara pembukaan Asian Games 2014, Jumat (19/9/2014).
EditorPalupi Annisa Auliani

INCHEON, KOMPAS.com - Tim basket putri Qatar akan kembali kehilangan kesempatan bermain di Asian Games untuk ketiga kalinya, Jumat (26/9/2014), terkait pemakaian hijab oleh atletnya.

Pemain basket putri Qatar menolak mengikuti larangan pemakaian hijab oleh Federasi Basket Internasional (FIBA). Mereka tetap akan bertahan, sekalipun bakal kehilangan kesempatan bermain melawan Kazakhtan, Jumat.

"Larangan mengenakan hijab adalah penghinaan terhadap keyakinan kami," kata kontingen Qatar seperti dikutip AFP. Mereka pun menggalang dukungan dari badan olahraga dan komte olimpiade untuk memperjuangkan sikap mereka ini.

Cita-cita tentang keanekaragaman dan inklusivitas di Asian Games, ternoda oleh pencoretan tim basket putri Qatar dari jadwal pertandingan mereka karena pilihan mengenakan hijab ini.

Permintaan izin para pemain putri Qatar untuk bisa tetap mengenakan hijab kembali ditolak untuk jadwal pertandingan melawan Nepal, Kamis (25/9/2014). Dewan Olimpiade Asia (OCA) tak memberikan dukungan yang diharapkan Qatar soal aturan pengenaan hijab ini.

 



Sumber ,Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X