Pakai Hijab, Tim Putri Basket Qatar Didiskualifikasi dari Asian Games 2014

Kompas.com - 25/09/2014, 00:44 WIB
Kontingen Qatar dalam upacara pembukaan Asian Games 2014, Jumat (19/9/2014). AFP PHOTO / JUNG YEON-JEKontingen Qatar dalam upacara pembukaan Asian Games 2014, Jumat (19/9/2014).
|
EditorPalupi Annisa Auliani
INCHEON, KOMPAS.com - Tim basket perempuan Qatar didiskualifikasi dari Asian Games 2014 karena tetap hendak memakai hijab untuk bertanding, Rabu (24/9/2014). Seharusnya mereka bertanding melawan Mongolia dalam laga perdana.

Federasi Basket Internasional (FIBA) mengatur pemain perempuan tidak boleh mengenakan hijab selama pertandingan. Para pemain Qatar menolak melepas hijab karena itu bertentangan dengan keyakinan mereka.

"Kami akan hadapi ini. Kami di sini untuk mendorong asosiasi internasional mengizinkan semua pemain Muslim yang memang siap untuk bermain di kompetisi mana pun," kata ketua delegasi atlet perempuan Qatar, Ahlam Salem M Al Mana.

Salem menuturkan, timnya tahu soal larangan pengenaan hijab dalam aturan FIBA. Namun, mereka berkeinginan FIBA mengubah aturan itu. "Saya yakin apa yang terjadi hari ini dapat mengubah aturan FIBA secepatnya," kata dia.

Salem mengatakan Dewan Olimpiade Asia (OCA) menginginkan tim putri basket Qatar berpartisipasi dalam Asian Games. "Namun ini adalah keputusan teknis FIBA. Kami harap di kompetisi selanjutnya mereka mengizinkan kami bermain," lanjut dia.

Sementara itu, OCA mengutuk aturan FIBA itu yang juga sudah banyak menuai kritik karena dianggap melanggar hak asasi manusia. "Hak atlet mestinya menjadi prioritas utama," ujar Director General OCA Husain Al-Musallam.

"Setiap atlet punya hak untuk bermain di bawah bendera negara masing-masing tanpa diskriminas atau ancaman penalti uang," imbuh Al-Musallam. FIBA belum berkomentar soal ini.



Sumber ,Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X