Kompas.com - 23/09/2014, 05:39 WIB
Tiga maskot Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan: (dari kiri ke kanan) Barame, Vichuon, dan Chumuro. AFP PHOTO/JUNG YEON-JE Tiga maskot Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan: (dari kiri ke kanan) Barame, Vichuon, dan Chumuro.
|
EditorPalupi Annisa Auliani

INCHEON, KOMPAS.com - Bakteri salmonella dan sejumlah bakteri berbahaya lain ditemukan dalam daging di kotak jatah makan siang para atlet dan staf Asian Games pada Minggu (21/9/2014).

Pejabat Kementerian Keamanan Makanan dan Obat Korea Selatan mengatakan, makanan tersebut sudah ditarik peredarannya sebelum sampai ke tangan para atlet.

"Kami cek satu per satu kotak makanannya. Semuanya ada 76 kotak (yang diduga terkontaminasi) dan sudah kami singkirkan semua. Pemeriksaan kami lakukan sebelum makanan itu dikirimkan," kata pejabat tersebut seperti dikutip dari Reuters, Senin (22/9/2014).

Pejabat itu melanjutkan, bakteri colon bacillus juga ditemukan dalam kotak makanan untuk para staf Asian Games, Jumat (20/9/2014).

Dua penemuan bakteri dalam dua hari berturut-turut tersebut mencoreng nama baik penyelenggara pesta olahraga se-Asia ini. Salah seorang staf panitia pelaksana Asian Games Incheon memastikan pemasok makanan akan diganti.

Menurut staf tersebut, panitia tak akan mengambail risiko lebih besar dengan mempertahankan pemasok makanan yang sekarang.

Bakteri salmonella dan colon bacillus dapat menyebabkan antara lain diare dan demam. Sebelumnya, panitia penyelenggara juga sudah mendapatkan keluhan dari beberapa atlet tentang buruknya penerangan venue.

Lee Chong Wei merupakan salah satu atlet bulu tangkis yang mengkritik pencahayaan terlalu terang sehingga membuat silau para pemain saat bertanding.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X