OCA Setuju Indonesia Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Kompas.com - 19/09/2014, 16:58 WIB
Bendera Korea Utara berkibar di salah satu stadion yang akan digunakan dalam Asian Games 2014 di Incheon, Korea Utara, bersama bendera Jepang, Indonesia dan Tiongkok. YONHAP / AFPBendera Korea Utara berkibar di salah satu stadion yang akan digunakan dalam Asian Games 2014 di Incheon, Korea Utara, bersama bendera Jepang, Indonesia dan Tiongkok.
EditorPipit Puspita Rini
INCHEON, KOMPAS.com - Badan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia (OCA) menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Pernyataan ini dikeluarkan di Incheon, Korea Selatan, Jumat (19/9/2014). Pesta olahraga antarbangsa Asia itu sempat mengalami masalah tempat penyelenggaraan setelah Vietnam yang sebelumnya ditunjuk ternyata mengundurkan diri karena masalah dana.

"Hari ini badan eksekutif telah menyetujui tahun 2018 nanti Asian Games akan berlangsung di Jakarta, Indonesia," kata Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah. Sidang pleno OCA akan berlangsung Sabtu (20/9/2014), yang agendanya juga akan mengesahkan penunjukan tersebut.

Namun, Sheikh Amad menegaskan bahwa pertemuan khusus OCA sebelumnya telah memberikan dia "wewenang untuk memutuskan dan menemukan tuan rumah pengganti Vietnam".

Pertemuan eksekutif OCA di Incheon hari Jumat itu berlangsung menjelang dibukanya Asia Games ke-17 yang diikuti sekitar 13 ribu atlet dan ofisial dari 45 negara.

Vietnam semula mendapat hak sebagai tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2019, tetapi mengundurkan diri karena krisis ekonomi. Indonesia menjadi favorit sebagai pengganti, sementara kandidat lainnya kurang serius.

OCA semula menjadwalkan event itu pada 2019 untuk menghindari benturan dengan Olimpiade musim dingin yang berlangsung di Korea Selatan pada 2018.

Namun, pihak Indonesia menyampaikan kepada OCA bahwa jika terpilih menjadi tuan rumah Asian Games, waktu penyelenggaraannya harus setahun lebih awal dari jadwal semula, yakni 2018, karena pada 2019 ada pemilihan presiden.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X