Kompas.com - 09/09/2014, 18:16 WIB
airsoft, ilustrasi airsoft, ilustrasi
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekjen Airsoft Brotherhood Unity (ABU) Indonesia Bayu Cahyadi menyambut positif ajakan duduk bersama Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) Bambang Trihatmodjo untuk membicarakan perkembangan dan kemajuan olahraga airsoft gun di Tanah Air.

Bambang yang terpilih sebagai Ketua Umum PB Perbakin periode 2014-2018 berniat memberikan kontribusi maksimal kepada olahraga menembak di Indonesia.  
                
"Ajakan Ketua Umum PB Perbakin sangat bagus, dan kami siap untuk menemuinya. Semoga Perbakin bisa mengakomodasi kepentingan kami," ujar Bayu, Selasa (9/9/2014). Selain ABU Indonesia, juga terdapat komunitas airsoft gun yang tergabung dalam Federasi Airsoft Indonesia (FAI) dan Perkumpulan Olahraga Airsoft Seluruh Indonesia (Porgasi). Adapun Porgasi lebih berafiliasi ke KONI.

Bayu berharap, pada kepengurusan Perbakin yang baru ini, kegiatan airsoft gun lebih dilegalkan dan diakui. Ia berharap, kepengurusan baru punya visi dan misi yang lebih baik dari sebelumnya sehingga ABU bisa bekerja sama secara optimal.

Seperti dikutip dari situs resmi ABU Indonesia, organisasi ini merupakan badan hukum perkumpulan airsoft gun yang diakui negara dan memiliki Akta Pendirian Nomor 09, tanggal 31 Mei 2012, serta diperkuat Surat  Keputusan Menkumham Nomor AHU-182.AH.01.07. Tahun 2012.

ABU Indonesia atau Persatuan Persaudaraan Airsoft yang berdiri pada 1 Juni 2011 adalah satu-satunya wadah berbadan hukum yang dapat memainkan dan menjalankan hobi permainan airsoft gun ataupun memiliki airsoft gun dengan nyaman, aman, penuh kedisiplinan, dan bertanggung jawab.
 
Dalam kesempatan berbeda, Bambang Tri mengatakan akan melakukan konsolidasi dan koordinasi terlebih dahulu dengan kepengurusan yang baru dilantik KONI Pusat pada pekan lalu, dan barulah selanjutnya akan mengakomodasi segala kepentingan para pemangku kepentingan di Perbakin. "Soal airsoft, kita akan bicara dengan mereka dan duduk sama-sama. Kita mau naungin mereka di Perbakin di bawah bidang tembak reaksi nantinya. Akan dipanggil secepatnya," ujar Bambang, pekan lalu.
                
Ketika ditanya soal kepengurusan besar, Bambang mengatakan bahwa di dalam Perbakin terdapat tiga bidang, yakni tembak reaksi, tembak sasaran, dan berburu. Ada pula bidang perwasitan, kepelatihan, dan organisasi sehingga perlu anggota yang banyak.

"Intinya, kami fokus pada pembinaan. Soal kepengurusan yang besar, ini karena harus mengurusi bidang-bidang yang ada," kata Bambang. Memajukan prestasi atlet di bidang sasaran, target, dan berburu menjadi bagian penting dalam kepengurusannya. Selain itu, Bambang dan kepengurusan Perbakin yang sekarang akan mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Menembak 2016 sekaligus persiapan jelang SEA Games 2015. (*/)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.