Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyamannya Perkampungan Atlet Asian Games 2014

Kompas.com - 07/09/2014, 07:00 WIB
Patric Rio Romualdo Batubara

Penulis

INCHEON, KOMPAS.com - Incheon siap menyambut ribuan peserta yang akan hadir pada penyelenggaraan Asian Games 2014, 19 September-4 Oktober. Semua fasilitas dipersiapkan, termasuk tempat tinggal bagi para atlet dan ofisial dari 45 negara peserta.

Panitia penyelenggara membangun perumahan yang bisa menampung 14.500 orang, selama turnamen berlangsung. Kampung atlet yang terdapat di Guwol-Dong, pusat kota Incheon ini, akan dibuka pada 12 September mendatang.

Perkampungan atlet ini berjarak sekitar 20 menit dari Bandara Internasional Incheon dan 20 menit dari media centre.

Perkampungan tersebut memiliki 2.220 unit dan terbagi di 22 apartemen yang berada di tiga blok berbeda. Unit apartemennya memiliki tiga ukuran berbeda yaitu 74 meter persegi, 84 meter persegi, dan 101 meter persegi. Setiap unit memiliki tiga tempat tidur di kamar utama dan dua tempat tidur di ruangan yang kecil. Satu unit bisa menampung hingga tujuh atlet.

Apartemen para atlet ini terdapat di Residental Zone. Selain itu ada International Zone yang di dalamnya terdapat ruang makan, poliklinik, NOC service centre, dan beberapa fasilitas lainnya. Sementara Public Zone akan jadi tempat Transport Mall dan Welcome Center.

blog.incheon2014ag.com Ruang makan di perkampungan atlet untuk Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.
Panitia juga membangun tempat-tempat ibadah bagi peserta. Kantin atlet akan buka 24 jam mulai 12 September. Aula tempat makan bisa menampung hingga 3.500 orang dan menyediakan 548 jenis makanan untuk lima hari secara bergiliran. Mereka menyiapkan hidangan ala Korea, Asia, Barat, hingga makanan halal.

Lee Elisa, mantan juara dunia tenis meja yang juga bertindak sebagai kepala perkampungan atlet, mengatakan bahwa tempat ini berfungsi sebagai "tempat pertukaran budaya" bagi 45 negara yang berpartisipasi.

"Kami sudah menyiapkan tempat, agar atlet bisa saling mengenal, membangun persahabatan, dan memiliki memori yang indah saat meninggalkan tempat ini," kata Lee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com