Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2014, 06:23 WIB
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com — Tim pelatih dan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia kembali mendatangkan karateka peringkat satu dunia kelas -50 kilogram putri asal Austria, Bettina Plank, sebagai lawan latih tanding karateka Indonesia. Hal ini ditujukan untuk memberikan porsi latih tanding lebih variatif kepada karateka yang akan tampil di Asian Games Incheon, 19 September-4 Oktober.

Bettina Plank adalah juara dunia kelas kumite (tarung) -50 kg putri. Karateka yang akrab disapa Betti ini merupakan karateka nasional Austria. Dia pernah meraih medali emas pada turnamen Liga Primer di Jakarta, 2013.

Pada awal Agustus lalu, Betti datang untuk berlatih bersama karateka pelatnas Asian Games. Saat itu, dia datang bersama tiga rekannya, yaitu Alisa Buchinger (-61 kg putri), Stefan Pokorny (-67 kg putra), dan Thomas Kaserer (-67 kg putra).

Baron Bahar, pelatih pemusatan pelatihan nasional karate Asian Games 2014, di Jakarta, Kamis (4/9), mengatakan, kedatangan Betti merupakan bagian dari program untuk menambah lawan tanding. Dia akan berada di Jakarta selama dua pekan, memanfaatkan sisa waktu keberangkatan tim karate ke Incheon.

Baron mengatakan, pada dasarnya, karateka membutuhkan lawan tanding yang lebih banyak agar memberikan pengalaman tanding yang variatif.

”Melihat hasil dari turnamen di Okinawa, karateka Indonesia perlu banyak latih tanding untuk meningkatkan mental bertanding. Apalagi, pemain Eropa seperti Betti memiliki reaksi dan strategi bertanding yang lebih baik,” ujar Baron.

Turnamen di Okinawa yang dimaksud Baron adalah kejuaraan WKF Karate 1 Premier League yang berlangsung pada 30-31 Agustus. Kejuaraan tersebut menjadi ajang uji coba terakhir tim Indonesia. Ketika itu, Indonesia meraih satu perunggu melalui Suryadi (-60 kg putra).

Namun, Suryadi tidak diikutsertakan ke Incheon karena nama delapan karateka yang akan tampil di Asian Games, dari 10 atlet yang berlatih, telah ditentukan sebelum kejuaraan di Okinawa.

Untuk Asian Games, Indonesia akan mengandalkan Jintar Simanjuntak (-67 kg putra), Hendro Salim (-84 kg putra), Umar Syarief (+84 kg putra), Srunita Sari (-50 kg putri), Cokorda Istri Agung (-55 kg putri), Yuswinda Eka Puspitasari (+68 kg putri), serta dua atlet di nomor kata (jurus), yaitu Fidelys Lolobua dan Sisilia Agustiani Ora.

Betti didatangkan karena dia tengah menjalani program prakompetisi sebelum bertanding di Turki, akhir September. Keikutsertaan Betti dalam latihan telah terlihat sejak Kamis pagi meski dia baru tiba di Jakarta pada Rabu malam.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+