Tradisi Adat Sambut Kedatangan Jelajah Sepeda di Poso - Kompas.com

Tradisi Adat Sambut Kedatangan Jelajah Sepeda di Poso

Kompas.com - 25/08/2014, 07:14 WIB
KOMPAS.COM/DIAN MAHARANI Upacara adat digelar untuk menyambut rombongan Kompas Jelajah Sepeda Manado-Makassar di Poso, Minggu (24/8/2014).
POSO, KOMPAS.com - Tradisi adat mewarnai kedatangan rombongan KompasJelajah Sepeda Manado-Makassar di Poso, Sulawesi Tengah, Minggu (24/8/2014) malam. Empat wanita mengenakan pakaian adat berwarna merah bersiap memberikan Pekasiwia kepada Ketua PanitiaJelajah Sepeda, Jannes Eudes Wawa, General Manager Coorporate Communication Kompas Gramedia Nugroho F Yudho, dan Brigadir Jenderal Polisi Royke Lumowa dari Kemenkopolhukam.

Pemberian Pekasiwia merupakan upacara adat daerah Poso untuk menghormati tamu-tamu yang baru pertama kali datang ke Poso.

Pekasiwia terdiri dari beras putih halus, telur ayam, ayam jantan putih, dan nira manis. Ketiganya menerima Pekasiwia tersebut secara bergantian. Mereka juga mencicipi nira manis yang diletakkan dalam bambu. Khusus untuk Jannes, diberikan selendang dan topi warna kuning keemasan.

Upacara penyambutan tamu ini berlangsung di rumah dinas Bupati Poso, Piet Inkiriwang. Peserta Jelajah Sepeda pun antusias menyaksikan penyambutan dengan upacara adat itu. Mereka asyik berfoto-foto.

Kompas Jelajah Sepeda yang bekerja sama dengan Pertamina ini diikuti 50 perserta dari berbagai daerah di Indonesia, dan lima di antaranya adalah wanita.

Jelajah Sepeda Manado-Makassar ini akan menempuh jarak total sekitar 1.700 kilometer yang terbagi dalam 14 etape. Jelajah Sepeda dijadwalkan sampai di Makassar pada Minggu (31/8/2014).


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPipit Puspita Rini

Close Ads X