Kompas.com - 28/07/2014, 07:03 WIB
Suasana di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, saat May Day (Hari Buruh) 2014, direkam dari udara menggunakan drone. Suasana di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, saat May Day (Hari Buruh) 2014, direkam dari udara menggunakan drone.
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, Kompas.com - DKI Jakarta ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 oleh Komite Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) dalam pertemuan di Kuwait, Jumat.

Sementara Sumatera Selatan, yang sebelumnya juga menyatakan kesiapan menggelar perhelatan itu, akan menjadi kota pendukung.

"Selain karena ibu kota, hasil survei tim OCA menyatakan infrastruktur Jakarta sangat mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta. Selain sarana dan prasarana, aspek lainnya adalah akomodasi dan transportasi yang lengkap," kata Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Rita Subowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia menuturkan, beberapa pihak dari kalangan swasta juga telah menyatakan kesiapannya menyambut hajatan olahraga empat tahunan itu.

"Kami mendapat dukungan dari pihak swasta, seperti Djarum, Pak Ciputra, dan Pak Murdaya Po. Pak Ciputra memberikan tempatnya di kawasan Kuningan untuk gala pembukaan dan acara ekshibisi Asian Games," katanya.

Rita yang baru saja kembali dari Kuwait dalam pertemuan dengan Presiden OCA Sheik Fahad Al-Sabah memang sengaja terbang ke negeri minyak tersebut untuk mengajukan diri dan menyatakan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Ia didampingi perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Faisal Abdullah, Gubernur Sumatera Selatan, a Alex Noerdin, Ketua KONI Sumatera Selatan Mudai Madang, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 3 Agustus mendatang, delegasi OCA rencananya akan menyambangi Jakarta untuk melihat lebih jauh infrastruktur yang akan digunakan dalam Asian Games.

Mereka juga akan meninjau Palembang yang dinilai memiliki fasilitas olahraga yang lengkap sebagai kota pendukung.

"Kami melihat kolam renang dan arena ski air sangat layak untuk menggelar Asian Games. Selain itu, Jakarta sendiri harus memiliki velodrome berstandar internasional," tutur Rita.

Halaman:


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X