Rosberg Dilarang Pakai Helm Piala Dunia

Kompas.com - 18/07/2014, 08:17 WIB
Pebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, bereaksi setelah mencatat waktu tercepat pada sesi kualifikasi GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu (5/7/2014). AFP PHOTO/TOM GANDOLFINIPebalap Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, bereaksi setelah mencatat waktu tercepat pada sesi kualifikasi GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Sabtu (5/7/2014).
EditorTjahjo Sasongko

HOCKENHEIM, Kompas.com -  Pimpinan klasemen sementara F1, Nico Rosberg membatalkan niatnya menorehkan gambar trofi Piala Dunia sepakbola di helm miliknya karena ada komplain dari asosiasi sepakbola dunia (FIFA).

Pebalap tim Mercedes asal Jerman ini bermaksud merayakan keberhasilan negaranya meraih Piala Dunia di Brasil dengan mencantumkan gambar trofi  tersebut dengan dominasi warna bendera Jerman  saat berlomba di GP Jerman di sirkuit Hockenheim.

Namun keinginan ini ditentang oleh FIFA yang menyebut tindakan tersebut melanggar undang-undang hak cipta. "Mereka yang menjadi hak cipta FIFA tidak dapat ditampilkan dalam helm yang merupakan benda komersial."

Jurubicara FIFA menyebut sudah ada kesepakatan dengan pihak tim Rosberg. "Ia tetap menggunakan warna-warna bendera Jerman namun tidak dapat mencantumkan apa yang menjadi hak milik FIFA," ungkap jurubicara FIFA.

Rosberg akhirnya akan berlomba dengan helm berwarna seperti bendera Jerman dengan empat bintang di atasnya. "Sayang sekali, namun gambar trofi sudah digantikan dengan bintang. Tidak ada yang membantahnya, empat bintang itu milik kami."

Sebelumnya, ia menyesalkan pelarangan FIFA tersebut. "Sayang sekali, sebenarnya saya ingin menempatkan trofi tersebut (di helm) sebegai penghoramtan buat tim (Jerman). Tetapi sya menghormati status hukum  kasus ini."

Rosberg saat ini memimpin klasemen dengan unggul empat poin dari rekan setimnya, Lewis Hamilton.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber AP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X