Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez: Saya Meniru Dani dan Valentino

Kompas.com - 15/07/2014, 10:07 WIB
SACHSENRING, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, tahu betul siapa para pesaing terberat yang bisa merusak ambisinya meraih gelar juara dunia MotoGP keduanya. Mereka adalah Dani Pedrosa dan Valentino Rossi.

Menyadari hal tersebut, Marquez tak ragu-ragu untuk mengikuti Pedrosa dan Rossi berganti motor dan start dari pit lane setelah melakukan warm-up lap pada GP Jerman di Sachsenring, Minggu (13/7/2014). Hujan sempat turun sebelum balapan dimulai.

"Awalnya saya berpikir ini akan seperti di Assen (Belanda, start dengan ban basah), tetapi lalu saya melihat lintasan mulai kering dengan cepat," jelas Marquez yang akhirnya memenangi balapan.

"Lalu saya melihat (Stefan) Bradl memakai ban slick dan mungkin itu pilihan terbaik. Namun, strategi saya adalah mengikuti Dani dan Valentino karena mereka adalah pesaing teberat saya untuk menjadi juara dunia. Mereka memakai ban basah, saya meniru mereka. Setelah warm-up lap mereka masuk ke pit (berganti motor dengan ban kering), jadi saya mengikuti mereka!" lanjutnya.

Bukan hanya Pedrosa, Rossi, dan Marquez yang memilih berganti motor. Total ada 14 pebalap yang melakukannya dan mereka harus memulai balapan dengan start dari pit lane. Sembilan pebalap lainnya yang bertahan dengan ban slick, termasuk Bradl, tetap start dari grid.

"Itu seperti start balap motokros, semua pebalap bersaing ketat, dengan sikut terbuka," kata Marquez sambil tersenyum. "Itu menyenangkan, tetapi sedikit berbahaya juga jika semua pebalap memaksa mengerem, sementara karbon rem tidak bekerja. Itu yang mungkin paling berbahaya, di tikungan pertama. Ini juga terlihat sedikit aneh di televisi tetapi setelah itu balapan tetap menyenangkan."

Para pebalap punya kesempatan beristirahat cukup lama. Balapan berikutnya akan berlangsung di Indianapolis, 10 Agustus mendatang. Sebelum ke Indianapolis, Marquez dan Pedrosa akan melakukan uji coba di Brno, Ceko. GP Ceko akan berlangsung sepekan setelah Indianapolis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com