Pengakuan Gay Ian Thorpe Dapat Dukungan

Kompas.com - 14/07/2014, 09:23 WIB
Ian Thorpe DokIan Thorpe
EditorTjahjo Sasongko

SYDNEY, Kompas.com - Perenang legendaris Australia, Ian Thorpe mendapat banyak dukungan, Senin (14/07/2014) atas pengakuan telah menjalani kehidupan sebagai seorang gay.

Peraih lima medali emas Olimpiade ini menyampaikan pengakuannya tersebut dalam wawancara dengan presenter Michael Parkinson dari stasiun televisi Channel Ten, Sabtu lalu.

Pengakuan Thorpe ini antara lain didukung oleh atlet loncat indah Australia, Matthew Mitcham. "Saya kira sangat indah bila ia merasa bisa mengatakan hal itu dnegan terbuka,"kata  Mitcham yang juga secara terbuka mengaku ia seorang gay. "Mungkin sebelumnya ia merasa bukan pada tempatnya untuk mengungkap hal tersebut," lanjutnya.

Mitcham mengaku stigma tentang kaum homoseksual memang  sering menjadi pertimbangan dari para sponsor. "Karena itulah kami membutuhkan  atlet  yang ternama untuk membuktikan bahwa pandangan (tentang gay) itu salah. Thorpe tentu saja memenuhi kriteria itu."

Dukungan juga datang dari penyanyi Ricky Martin yang pernah menyaikan lagu tema Piala Dunia 1998.  Martin memberi pesan melalui akun twitternya, "Selamat@IanThorpe! Orang berani!Bahagia buat Anda! Jutaan orang menghargai Anda!Kami bangga dengan Anda!"

Sementara rekan Thorpe semasa aktif, Grant Hackett hanya berharap keputusan Thorpe untuk membuka diri ini akan membuatnya melangkah ke depan. "Kami memang menempuh karir bersama dan ikut dalam banyak lomba. Tetapi setelah itu semua berlalu, siapa yang peduli? Sekarang tahun 2014, siapa yang mau peduli dengan orientasi seksualnya?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber AP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X