Kompas.com - 10/07/2014, 21:29 WIB
EditorPipit Puspita Rini
SACHSENRING, KOMPAS.com - Tiga dari empat pebalap pabrikan Honda dan Yamaha sudah memastikan perpanjangan kontrak. Marc Marquez dan Dani Pedrosa akan bertahan di Honda hingga akhir 2016, sementara Valentino Rossi bertahan dengan Yamaha untuk periode yang sama. Lalu, bagaimana dengan Jorge Lorenzo?

Pebalap Spanyol tersebut sepertinya akan tetap jadi tanden Rossi di Yamaha. Masalahnya, untuk berapa lama?

Dua tahun biasanya jadi waktu normal pebalap pabrikan melakukan perpanjangan kontrak. Namun, jika Lorenzo memilih untuk bertahan satu tahun lagi, ini akan memperkuat spekulasi bahwa dia serius mempertimbangkan rencana hijrah ke Ducati pada 2016.

Rumor kepindahan Lorenzo ke Ducati muncul pada jeda musim lalu. Rumor pun makin menguat setelah awal pekan ini, juara dunia dua kali tersebut mendatangi markas Ferrari F1 di Maranello, yang jaraknya hanya kira-kira setengah jam dari markas Ducati di Bologna.

Kontrak satu tahun dengan Yamaha akan memberi kesempatan Lorenzo untuk melihat perkembangan Ducati. Tahun depan, Manajer Ducati Corse Gigi Dall'Igna sudah menyiapkan desain baru Ducati yang diharapkan akan bisa bersaing dengan Honda dan Yamaha. Dall'Igna turut membantu Lorenzo menjadi juara dunia Moto2 2006 dan 2007 bersama Aprilia.

Jumlah gaji juga disebut sebagai penyebab belum adanya kesepakatan antara Yamaha dan Lorenzo. Dengan hasil yang didapat musim ini, rasanya akan susah bagi Lorenzo untuk mendapatkan angka yang besar dari Yamaha.

Jika bisa mengawali musim depan dengan bagus, Lorenzo akan punya posisi lebih baik untuk melakukan negosiasi dengan Yamaha atau Ducati, untuk musim 2016 dan seterusnya.

Lorenzo sudah memperkuat Yamaha sejak naik ke MotoGP pada 2008, lalu menjadi juara dunia 2010 dan 2012. Musim lalu, dia finis kedua di klasemen, hanya tertinggal empat poin dari juara dunia Marquez.

Sayangnya, dia mengawali musim ini dengan buruk. Dari delapan seri berjalan, dia hanya finis podium dua kali setelah finis ketiga di Argentina dan finis kedua di Italia. Pebalap 27 tahun tersebut kini berada di peringkat lima klasemen dengan 81 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Crash
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.