Kompas.com - 01/07/2014, 00:37 WIB
Triyatno Triyatno
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, KOMPAS.com — Atlet angkat besi, Triyatno, kemungkinan besar tidak diturunkan memperkuat kontingen Indonesia pada Asian Games 2014 karena cedera lutut yang masih membayangi dirinya.

"Ya, kalau memang tidak memungkinkan, dia tidak akan turun di Incheon," kata Manajer Tim Pelatnas Angkat Besi Dirdja Wihardja di Jakarta, Senin (30/6/2014).

Meski kondisi Triyatno terus membaik dan mengalami peningkatan dalam setiap latihan, trauma cedera yang dialaminya dikhawatirkan akan memengaruhi performanya bila dia tetap diturunkan. "Soalnya ketika latihan berat, dia masih suka terbayang rasa sakitnya. Jadi, lebih ke psikologisnya dia," katanya.

Dirdja menambahkan, peluang atlet asal Lampung itu untuk meraih medali di kelas 77 kilogram untuk lingkup Asia dinilainya sulit karena hingga saat ini Triyatno masih sulit untuk mencapai angkatan terbaiknya.

"Total angkatan maksimal di level Asia untuk kelas 77 kilogram idealnya 360 kilogram. Tapi, saat ini total angkatan Triyatno hanya 314 kilogram. Sulit untuk mengejarnya dengan waktu yang sempit ini," katanya.

Meski demikian, Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Binaraga dan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PB PABBSI) masih akan membahas soal keikutsertaan Triyatno dalam Asian Games 2014 pada rapat pleno yang akan digelar pekan ini.

Menurut dia, bila Triyatno tidak akan diturunkan, dia akan dipersiapkan untuk menghadapi Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Triyatno menderita cedera lutut sejak 2007. Namun, dengan target berprestasi di berbagai ajang olahraga, dia hanya menjalani terapi penyembuhan sementara yang bertujuan menghilangkan rasa sakit saja. Hingga pada Maret 2013, kondisi cederanya mengharuskannya untuk naik meja operasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.