Ricciardo Raih Kemenangan Pertama di Formula 1

Kompas.com - 09/06/2014, 02:57 WIB
Pebalap Red Bull Racing asal Australia, Daniel Ricciardo, membalap pada GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Minggu (9/6/2014). AFP PHOTO/NICHOLAS KAMMPebalap Red Bull Racing asal Australia, Daniel Ricciardo, membalap pada GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, Minggu (9/6/2014).
EditorPipit Puspita Rini
MONTREAL, KOMPAS.com -- Daniel Ricciardo mencatat kemenangan perdananya di Formula 1 setelah finis pertama pada GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Minggu (8/6/2014) siang waktu setempat (Senin dini hari WIB). Nico Rosberg finis kedua, disusul Sebastian Vettel.

Persaingan antara Rosberg dan rekan satu timnya, Lewis Hamilton, dimulai saat start. Dari posisi kedua, Hamilton melakukan start lebih baik dan melaju di depan. Namun, Rosberg berhasil mengambil tempatnya setelah melewati tikungan satu dan dua. Hamilton yang sempat melebar, turun ke posisi ketiga, terlewati Vettel.

Hanya beberapa saat kemudian, tepatnya di tikungan tiga, dua pebalap Marussia, Jules Bianchi dan Max Chilton, bersenggolan. Mobil Bianchi rusak cukup parah. Kedua pebalap tidak mengalami cedera, tetapi tidak bisa melanjutkan balapan. Safety car keluar.

Setelah tujuh putaran, safety car akhirnya meninggalkan lintasan dan Rosberg segera melaju memimpin balapan. Hamilton berhasil melewati Vettel pada putaran ke-10 untuk mendapatkan posisi kedua. Saat lap 10 berakhir, Rosberg berada 1,7 detik di depan Hamilton.

Persaingan di belakang duo Mercedes tersebut berjalan menarik. Dua pebalap Force India, Sergio Perez dan Nico Hulkenberg, naik ke posisi ketiga dan keempat, menggeser Vettel ke posisi kelima.

Rosberg dan Hamilton makin menjauh dari para pebalap lain. Pada akhir lap 38, mereka unggul 20 detik dari Hulkenberg yang berada di posisi ketiga. Felipe Massa dan Fernando Alonso menyusul di posisi keempat dan kelima.

Posisi balapan berubah pada lap 40-an karena beberapa pebalap masuk pit, termasuk Rosberg dan Hamilton. Rosberg melakukan pit stop lebih awal disusul Hamilton pada putaran berikutnya. Saat keluar pit pada lap 47, Hamilton berada di posisi kedua, di belakang Massa, di depan Rosberg.

Sayangnya, dia terlambat mengerem dan melebar. Rosberg berhasil melewatinya dan berada di belakang Massa. Hamilton mengalami masalah rem dan harus kembali ke pit dan tak bisa melanjutkan balapan. Ini adalah kali kedua pebalap Inggris tersebut gagal finis setelah seri pertama di Australia.

Rosberg kembali ke posisi pertama setelah Massa melakukan pit stop. Di belakangnya ada Perez, Ricciardo, dan Vettel. Sementara Massa menempel di urutan kelima.

Lima lap terakhir, Ricciardo berhasil melewati Perez dan mendapatkan posisi kedua. Perez mengalami masalah pada rem dan harus berjuang mempertahankan posisinya dari kejaran Vettel dan Massa.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber crashnet
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X