Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendrawan Tak Bisa Tidur Nyenyak Sebelum Malaysia Menang

Kompas.com - 25/05/2014, 16:35 WIB
Laila Rahmawati

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com — Lolosnya Malaysia ke final Piala Thomas 2014 ternyata memunculkan efek tersendiri bagi mantan pebulu tangkis nasional Indonesia, Hendrawan, yang kini jadi salah satu pelatih tunggal putra di Negeri Jiran.

Pada final Piala Thomas 2002 di Guangzhou, Tiongkok, Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia, 3-2. Hendrawan yang turun pada partai terakhir dan penentuan berhasil mengalahkan Roslin Hashim (8-7, 7-2, 7-1) dan memastikan Piala Thomas jatuh ke tangan Indonesia.

"Pada 2002, kami (Indonesia) kalah pada dua partai tunggal pertama, tetapi memenangi dua partai ganda. Beban ada pada Roslin untuk membawa Malaysia menang. Menurut saya, dia tidak bisa bermain seperti biasanya," kenang mantan juara dunia 2001 ini.

"Sering kali saya sulit tidur ketika Piala Thomas sedang digelar, khususnya karena sekarang saya melatih Malaysia. Namun, ketika itu saya tak punya pilihan... karena saya bermain untuk negara saya," kata mantan pemain yang ikut menjuarai Piala Thomas 1998, 2000, dan 2002.

"Sekarang saya bersama tim Malaysia. Saya sudah berbagi pengalaman dengan para pemain setiap ada kesempatan. Saya senang membantu mereka dan ini akan meringankan perasaan saya," tambah kakak ipar pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, tersebut.

Malaysia kembali melangkah ke final Piala Thomas setelah menyingkirkan Indonesia 3-0 di babak semifinal. Lee Chong Wei dkk akan menghadapi Jepang pada partai final yang digelar di Siri Fort Indoor Stadium, New Delhi, India, mulai pukul 16.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com