Kompas.com - 14/05/2014, 22:11 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Simon Santoso berlatih pada masa karantina jelang Piala Thomas di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (23/4/2014). PBSIPebulu tangkis tunggal putra Indonesia Simon Santoso berlatih pada masa karantina jelang Piala Thomas di Kudus, Jawa Tengah, Rabu (23/4/2014).
EditorTjahjo Sasongko

NEW DELHI, Kompas.com - Meski baru saja mendarat di New Delhi, India, pada Selasa (13/5) dini hari, namun tim Piala Thomas dan Uber Indonesia langsung menjalani latihan pada Rabu (14/5) siang.

Latihan pertama berlangsung lapangan bulutangkis yang sudah disewa PBSI di Yamuna Sport Center, New Delhi. Latihan perdana ini berlangsung selama tiga jam, mulai dari pukul 16.30 - 19.30 waktu setempat. Sebanyak sembilan lapangan disiapkan untuk tim Indonesia, empat lapangan digunakan oleh tim Thomas, sedangkan lima lapangan untuk tim Uber.

Di sesi latihan pertama ini, intensitas latihan tidaklah terlalu berat. Latihan pertama lebih menitikberatkan pada pemanasan guna melenturkan otot-otot yang kaku akibat perjalanan jauh yang ditempuh atlet di hari sebelumnya dari Jakarta.

"Perjalanan ke India memakan waktu hampir seharian, ini tentunya sangat melelahkan buat atlet. Dari Jakarta, kami sudah antisipasi hal ini. Ibarat menabung, kami sudah punya banyak tabungan stamina, saat terpakai di perjalanan hari ini, tabungan stamina kami masih banyak," ujar Christian Hadinata, manajer tim Piala Thomas.

"Dari awal kami sudah membuat rencana, kami tak mau tabungan stamina kami sedikit hingga kami harus defisit stamina. Kalau tekor, mengembalikannya lagi kan butuh waktu, sementara pertandingan semakin dekat. Dan perlu diingat, stamina yang kurang dapat membuat atlet rentan terserang penyakit," tambah Juara All England 1979 bersama Imelda Wiguna ini.

Tim pelatih juga memanfaatkan kesempatan ini sebagai momen icebreaker, dimana ada permainan yang bertujuan agar atlet lebih rileks menghadapi kejuaraan besar yang sudah di depan mata.

Pada ajang beregu, kebersamaan menjadi salah satu senjata yang dapat menambah kekuatan tim. Hal ini disadari betul oleh tim. Hampir seluruh kegiatan dilakukan secara bersama-sama, mulai dari pemanasan. Dalam sesi latihan biasa, para atlet melakukan pemanasan masing-masing, tetapi kali ini, pemanasan dilakukan secara bersama-sama. Para atlet pun terlihat sangat menikmati kebersamaan ini.

Terlihat dalam sesi latihan pertama, para pemain tunggal mencoba bermain ganda, sedangkan pemain ganda bermain dua lawan tiga atau empat. Latihan kali ini memang lebih difokuskan untuk mengembalikan kebugaran atlet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.