Kompas.com - 30/04/2014, 17:21 WIB
Petinggi PP PBSI, Anton Subowo (tengah) mengumumkan tim inti Piala Thomas dan Uber Indonesia, didampingi Christian Hadinata (kiri) dan Rexy Mainaky, di pelatnas Cipayung, Rabu (30/4/2014). PBSIPetinggi PP PBSI, Anton Subowo (tengah) mengumumkan tim inti Piala Thomas dan Uber Indonesia, didampingi Christian Hadinata (kiri) dan Rexy Mainaky, di pelatnas Cipayung, Rabu (30/4/2014).
EditorPipit Puspita Rini
JAKARTA, KOMPAS.com — PP PBSI telah memilih 20 pebulu tangkis terbaik untuk memperkuat tim Indonesia pada ajang Piala Thomas dan Uber 2014 yang akan diselenggarakan pada 18-25 Mei 2014 di New Delhi, India.

Sebelumnya, 33 pemain terpilih masuk tim bayangan. Berdasarkan kuota yang telah ditentukan oleh BWF (Badminton World Federation), tim Piala Thomas dan Uber hanya dapat diisi oleh masing-masing 10 atlet.

Proses pemilihan pemain ditentukan dari berbagai penilaian oleh manajer tim dan tim pelatih. Mulai dari performa tiap pemain pada sejumlah turnamen, karantina, serta simulasi yang dilangsungkan di Solo, Jawa Tengah. Tak hanya dilihat dari segi ranking dunia si atlet, tetapi juga kesiapan dan komitmen pemain juga menjadi pertimbangan.

Tommy Sugiarto yang terpilih masuk tim Thomas akan menjadi ujung tombak skuad Merah-Putih. Saat ini Tommy berada di peringkat lima dunia, tertinggi dibanding pemain tunggal Indonesia lainnya.

Sementara itu, Simon Santoso yang prestasinya tengah melejit seusai memenangkan Singapore Open Superseries 2014 juga bakal mengisi slot tunggal putra. Pasangan terkuat dunia milik Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, bakal menjadi andalan untuk mengamankan poin di nomor ganda.

Dari deretan nama tunggal putra, terdapat nama Ihsan Maulana Mustofa, pebulu tangkis yang belum genap berusia 19 tahun. Peraih medali perunggu BWF World Junior Championships 2013 ini merupakan pemain termuda dalam tim Piala Thomas Indonesia 2014.

"Berdasarkan penilaian dari banyak faktor, kami telah memilih pemain-pemain dan membentuk tim terbaik. Semua pemain bagus, tetapi kuotanya terbatas, kami hanya bisa memilih sepuluh pemain. Kami berharap bisa membawa kembali Piala Thomas ke Tanah Air," kata Christian Hadinata, manajer tim Piala Thomas.

Sementara itu di tim Uber, peraih medali emas SEA Games Myanmar 2013, Bellaetrix Manuputty, juga masuk di tim inti bersama Linda Wenifanetri. Begitu juga kapten tim Adriyanti Firdasari yang melanjutkan tugasnya memimpin tim Uber hingga ke India nanti.

"Penentuan pemain di tim inti Piala Uber tidaklah mudah. Keputusan ini lahir dari diskusi panjang selama di karantina, simulasi, dan sebagainya. Kami juga banyak menerima masukan tak hanya dari pelatih, namun dari pakar serta mantan pemain yang berpengalaman di Piala Uber. Pemilihan pemain bukan dilihat dari segi teknis saja, tetapi segi nonteknis seperti pengalaman dan kematangan di lapangan," ujar Imelda Wiguna, manajer tim Piala Uber Indonesia.

"Inilah tim dengan komposisi pemain-pemain terbaik kami, semoga kami dapat meraih hasil maksimal. Kami mohon doa restu dan dukungan masyarakat Indonesia untuk tim Piala Uber," tambah Imelda.

Para pemain yang tergabung dalam tim inti menjalani latihan bersama di pelatnas Cipayung mulai 28 April hingga 12 Mei mendatang. Mereka akan bertolak ke Bogor, Jawa Barat, pada 2-3 Mei 2014 untuk mengikuti program team building.

Tim Piala Thomas dan Uber bakal dilepas pada 5 Mei 2014 di pelatnas Cipayung, bertepatan dengan acara HUT PBSI. Tim ofisial dan pemain akan berangkat ke India pada tanggal 13 Mei 2014.

Berikut susunan tim Piala Thomas dan Uber Indonesia 2014.
Tim Piala Thomas
Tommy Sugiarto
Dionysius Hayom Rumbaka
Simon Santoso
Ihsan Maulana Mustofa
Hendra Setiawan
Mohammad Ahsan
Rian Agung Saputro
Angga Pratama
Berry Angriawan
Ricky Karanda Suwardi

Tim Piala Uber
Linda Wenifanetri
Bellaetrix Manuputty
Adriyanti Firdasari
Maria Febe Kusumastuti
Greysia Polii
Nitya Krishinda Maheswari
Pia Zebadiah Bernadet
Rizki Amelia Pradipta
Tiara Rosalia Nuraidah
Suci Rizki AndiniDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber PBSI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.