Petinju Penuh "Tato" Buat Sejarah Baru

Kompas.com - 28/04/2014, 11:36 WIB
Lucas Browne Lucas Browne
|
EditorTjahjo Sasongko

SHEFFIELD, Kompas.com — Petinju kelas berat Lucas Browne  membuat sejarah dengan menjadi petinju asal Australia pertama yang menjadi juara antarnegara persemakmuran (commonwealth) sejak 1892.

Browne (20-0, 18 KO) memecahkan kebuntuan selama 122 tahun tersebut setelah mencatat kemenangan KO di ronde kelima atas petinju asal Kanada, Eric Martel Bahoeli (10-4, 7 KO), dalam pertarungan yang berlangsung di Ponds Fodge Arena, Sheffield, Inggris.

Browne menjatuhkan Bahoeli pada ronde kedua lewat pukulan tangan kanan yang keras. Namun pada ronde ketiga, Browne mengalami cedera alis luka sobek akibat benturan kepala antara kedua petinju. Pada ronde keempat dan kelima ia kembali membulan-bulani Bahoeli sebelum wasit menghentikan pertarungan pada ronde kelima.

Keberhasilan ini membuat Browne menjadi petinju asal Australia pertama yang menjadi juara tinju kelas berat negara-negara persemakmuran. Kemampuannya memang menjadi meningkat sejak ia ditangani mantan petinju Inggris, Ricky Hatton.

Menurut Hatton, Browne memiliki pukulan yang sangat keras yang membuatnya akan mampu bersaing di tingkat dunia. "Kita tahu bahwa di kelas berat, satu pukulan saja dapat mengubah hasil pertarungan dan ia (Browne) memiliki pukulan tersebut," kata Hatton.

"Jarang ada petinju yang memiliki pukulan sekeras dia," ungkap mantan petinju yang kariernya dihentikan oleh Manny Pacquaio ini.

Browne (35) sebenarnya memulai karier tinjunya pada usia yang cukup lanjut lima tahun lalu. Namun, selain kemampuan bertarungnya, sosoknya juga semakin dikenal karena kepalanya yang plontos dan sekujur tubuhnya yang dipenuhi tato.

Browne merajah tubuhnya sesuai dengan kemenangan-kemenangan yang diraihnya di atas ring. Ia memiliki ahli rajah khusus yang siap menambahkan tato di sela-sela ruang di tubuhnya. Begitu percaya dirinya Browne, hingga ia meminta ahli rajahnya yang ahli —bukan abal-abal— untuk menuliskan "World Heavyweight Champion" di bagian lehernya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X