Kompas.com - 18/04/2014, 15:07 WIB
EditorPipit Puspita Rini
ALOR STAR, KOMPAS.com - Ganda campuran Muhammad Rian Ardianto/Rosyita Eka Putri Sari berpeluang menyambung kembali tradisi gelar juara yang diraih tim Merah-Putih di ajang BWF World Junior Championships 2014.

Sejak 2011, Indonesia tak pernah absen mengirimkan wakil ganda campuran ke partai final kejuaraan dunia junior. Bahkan pada 2011 dan 2012 terjadi all Indonesian final di nomor ini.

Alfian Eko Prasetya/Gloria Emanuelle Widjaja keluar sebagai juara dunia yunior 2011 usai mengalahkan rekannya, Ronald Alexander/Tiara Rosalia Nuraidah. Sementara Edi Subaktiar/Melati Daeva Oktavianti memetik kemenangan atas Alfian Eko Prasetya/Shela Devi Aulia pada final ganda campuran kejuaraan dunia junior 2012.

Sayangnya, pada 2013, Kevin Sanjaya Sukamujo/Masita Mahmudin belum berhasil mempersembahkan gelar juara. Kevin/Masita ditundukkan oleh pasangan Tiongkok, Huang Kaixiang/Chen Qingchen.

Huang/Chen kembali menjadi penantang ganda campuran Indonesia di partai puncak pada kejuaraan yang sama tahun ini.

Rian/Rosyita mengaku siap menghadapi unggulan pertama tersebut. Kedua pasangan pernah bertemu di final beregu campuran di mana kala itu Rian/Rosyita kalah dalam permainan rubber game, 14-21, 21-17, 17-21.

"Kami pernah kalah di pertandingan beregu, tapi kami yakin kali ini bisa memenangkan pertandingan. Kami belajar dari kekalahan sebelumnya dan kali ini kami lebih mempersiapkan diri kami. Permainan cepat dan pukulan mereka yang kencang juga akan kami waspadai," ujar Rian yang berasal dari klub Jaya Raya Jakarta.

"Kami akan bermain nothing to lose, tapi tetap fight karena tanggung sudah sampai final, harus juara. Lawan lebih diunggulkan, mereka juga juara bertahan. Saya sudah bertanya ke Masita (Mahmudin) mengenai Huang/Chen, karena dia pernah berhadapan dengan pasangan Tiongok ini tahun lalu," kata Rosyita, pemain kelahiran Sleman, 6 Juli 1996.

Partai final ganda campuran BWF World Junior Championships 2014 akan dimainkan pada Jumat (18/4/2014) di Stadion Sultan Abdul Halim, pada pukul 18.00 waktu setempat. Berikut susunan pertandingan selengkapnya.

Ganda Campuran
Muhammad Rian Ardianto/Rosyita Eka Putri Sari (INA) vs Huang Kaixiang/Chen Qingchen (1/CHN)

Tunggal Putri
Akane Yamaguchi (1/JPN) vs He Bing Jiao (5/8, CHN)

Tunggal Putra
Shi Yuqi (2/CHN) vs Lin Gui Pu (5/8, CHN)

Ganda Putri
Rosyita Eka Putri Sari/Apriani Rahayu (9/16, INA) vs Chen Qingchen/Jia Yi Fan (1/CHN)

Ganda Putra
Dechapol Puavaranukroh/Ketlen Kittinupong (3/4, THA) vs Masahide Nakata/Katsuki Tamate (JPN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PBSI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.