Indonesia Bawa Pulang Dua Gelar dari Vietnam

Kompas.com - 31/03/2014, 00:15 WIB
Bulu tangkis, ilustrasi Bulu tangkis, ilustrasi
EditorTjahjo Sasongko

JAKARTA, Kompas.com - Pebulutangkis muda Indonesia sukses memborong dua gelar juara dari ajang Vietnam International Challenge 2014 di Hanoi melalui Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika (ganda campuran) dan Selvanus Geh/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra).

Alfian/Annisa lebih dulu naik podium juara dengan mengalahkan unggulan ketiga, Fernando Kurniawan/Poon Lok Yan (Hong Kong), 21-14, 21-17.

Selvanus/Kevin kemudian menyusul sukses Alfian/Annisa dengan menaklukkan unggulan kedua dari Australia, Robin Middleton/Ross Smith, 21-14, 21-13.

Keyakinan dan kepercayaan diri menjadi kunci utama kemenangan. Selvanus/Kevin. Seperti diungkapkan Selvanus, walaupun baru latihan bersama selama dua minggu jelang keberangkatan menuju turnamen ini, kedua pemain mengaku begitu percaya diri dari awal pertandingan.

"Kunci kemenangan kami adalah yakin kalau kualitas permainan kami lebih unggul dari lawan. Apalagi tipe permainan mereka sama dengan kami yang mengandalkan bola-bola no lob," ungkap Selvanus kepada Badmintonindonesia.org. "Pada pertandingan final, kami tampil lebih berani dan lawan juga kurang bisa mengembangkan permainan," tambah Kevin yang dihubungi di Hanoi.

Sayang, kemenangan di ganda campuran dan ganda putra tak dapat diikuti oleh pasangan ganda putri Melvira Oklamona/Melati Daeva Oktavianti. Pasangan unggulan keenam ini dikalahkan Yano Chiemi/Yumiko Nichiyama (Jepang) 12-21, 20-22.

Indonesia menjadi negara peserta yang paling banyak meraih gelar di turnamen ini. Dengan menempatkan tiga wakil di final, dua di antaranya berhasil merebut gelar juara. Sementara tuan rumah Vietnam, Jepang, dan Taiwan masing-masing meraih satu gelar.

Berikut hasil pertandingan babak final Vietnam International Challenge 2014:
Ganda campuran
Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika (7/INA) vs Fernando Kurniawan/Poon Lok Yan (3/HKG) 21-14, 21-17

Tunggal putri
Hung Shih Han (6/TPE) vs Jiang Yujing (CHN) 21-18, 21-15

Ganda putra
Selvanus Geh/Kevin Sanjaya Sukamuljo (6/INA) vs Robin Middleton/Ross Smith (2/AUS) 21-14, 21-13

Ganda putri
Yano Chiemi/Yumiko Nichiyama (JPN) vs Melvira Oklamona/Melati Daeva Oktavianti (6/INA) 21-12, 22-20

Tunggal putra
Nguyen Tien Minh (1/VIE) vs Tan Chun Seang (2/MAS) 21-17, 21-13

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X