Kompas.com - 21/03/2014, 05:34 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, memacu motornya di Sirkuit Losail pada sesi latihan bebas pertama GP Qatar, Kamis (20/3/2014). CRASH.NETPebalap Movistar Yamaha asal Spanyol, Jorge Lorenzo, memacu motornya di Sirkuit Losail pada sesi latihan bebas pertama GP Qatar, Kamis (20/3/2014).
EditorPipit Puspita Rini
DOHA, KOMPAS.com — Pebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo mengeluhkan kurangnya cengkeraman ban yang menyebabkannya membalap seperti tanpa kontrol traksi, pada sesi latihan bebas pertama GP Qatar di Sirkuit Losail, Kamis (20/3/2014).

Lorenzo yang merupakan juara GP Qatar pada dua tahun terakhir bahkan mengatakan belum pernah mengalami kesulitan karena masalah ban, separah yang dia alami pada sesi ini.

"Kami tidak memiliki cengkeraman," kata Lorenzo yang juga mengalami masalah ban belakang pada sesi uji coba di Sepang (Malaysia) akhir Februari lalu. "Ketika berada di lintasan lurus saya tidak merasakan ada cengkeraman seperti tahun lalu. Ketika keluar dari tikungan, tidak ada cengkeraman. Dan ketika melakukan akselerasi, rasanya seperti bergelombang."

"Ini sangat buruk, terutama di tikungan panjang. Ketika membuka gas dan ingin agresif, saya kehilangan cengkeraman ban belakang. Rasanya seperti tidak memiliki kontrol traksi, tetapi ketika melihat telemetri, kontrol traksi berkerja dengan baik. Artinya, ban belakang tidak memiliki cengkeraman," lanjutnya.

Fakta bahwa para pebalap Yamaha, Honda, dan Ducati tidak ambil bagian pada sesi uji coba di Qatar, dinilai Lorenzo sebagai penyebab mengapa para pebalap lain bisa lebih cepat pada sesi ini. Namun, itu bukan jadi alasan tidak maksimalnya hasil yang didapat Lorenzo.

"Ya, tiga hari berarti 15 jam uji coba dan kami hanya punya 45 menit. Ini bukan alasan karena kami punya waktu, 45 menit hari ini dan 45 menit besok, seharusnya kami bisa lebih baik. Lagi pula, (Dani) Pedrosa bisa lebih cepat, jadi artinya bahwa ada kesempatan, tetapi ini akan sangat sulit. Saya merasa berada di batas (paling cepat) saat ini," aku juara dunia dua kali tersebut.

Lorenzo mencatat waktu tercepat kesembilan pada sesi ini. Pedrosa mencatat waktu tercepat keempat, disusul Valentino Rossi di posisi kelima.

Baca tentang


Sumber crashnet
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X