Makna di Balik Angka Baru Pebalap F1

Kompas.com - 14/03/2014, 16:59 WIB
Pebalap Ferrari asal Finlandia, Kimi Raikkonen memacu mobil dengan nomor 7 pada sesi latihan kedua GP Australia, di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Jumat (14/3/2014). AFP PHOTO/SAEED KHANPebalap Ferrari asal Finlandia, Kimi Raikkonen memacu mobil dengan nomor 7 pada sesi latihan kedua GP Australia, di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Jumat (14/3/2014).
EditorPipit Puspita Rini
MELBOURNE, KOMPAS.com - Dalam 18 tahun terakhir penyelenggaraan Formula 1, para pebalap memakai nomor pada mobilnya berdasarkan peringkat konstruktor pada musim sebelumnya. Musim ini, para pebalap bebas memilih nomor yang akan dipasang pada mobil mereka. Nomor ini akan mereka pakai sepanjang karier di F1.

Bagaimana para pebalap ini memilih nomor yang selanjutnya akan jadi identitas mereka? Berikut makna dan juga alasan para pebalap menentukan nomor.

Sebastian Vettel - 1 (dan 5)
Sebagai juara dunia, Vettel berhak untuk memakai nomor satu, yang merupakan lambang prestisius sebagai juara bertahan. Nomor ini tidak boleh dijadikan hak milik pebalap. Andai kata musim ini Vettel gagal mempertahankan gelar, musim depan dia akan memakai nomor pilihannya yang lain, yakni 5.

Vettel memasang nomor 5 di mobil Red Bull-nya pada 2010, ketika dia menjadi juara dunia untuk kali pertama. Nomor ini juga dia pakai pada 2001 saat mengikuti balapan kart.

Daniel Ricciardo - 3
Ricciardo memilih 3 karena nomor ini dia pakai saat kali pertama balapan karting. "Saya juga penggemar Dale Ernhardt (mantan pebalap Nascar yang memakai nomor 3)," kata Ricciardo.

Lewis Hamilton - 44
Seperti umumnya pebalap F1, Hamilton juga mengawali karier balapnya dari karting, dan inilah yang jadi dasar pemilihan nomornya. Hamilton memakai nomor 44 saat juara di kelas kadet pada kejuaraan karting Inggris 1995.

Nico Rosberg - 6
Enam adalah angka favorit calon istri Rosberg dan nomor keberuntungan sang ayah yang adalah juara dunia 1982 bersama Williams. "Angka ini juga akan berhasil untuk saya," ungkap Rosberg lewat akun Twitternya, @nico_rosberg.

Fernando Alonso - 14
Seperti Hamilton, pebalap Spanyol ini terinspirasi sejarah saat dia membalap karting. "Angka ini selalu membawa keberuntungan, mengingat kembali pada 14 Juli 1996, ketika saya berusia 14 tahun saat menjadi juara dunia balapan karting, dengan menggunakan nomor 14. Kita lihat, apakah ini masih akan membawa keberuntungan untuk saya," aku Alonso.

Kimi Raikkonen - 7
Tahun lalu Raikkonen memakai nomor 7 dan finis di urutan lima klasemen pebalap. Pebalap Finlandia ini memilih untuk bertahan dengan nomor tersebut.

Pebalap Marussia, Jules Bianchi, juga memilih noor ini. Namun, Raikkonen mendapatkan nomor 7 karena dia menutup musim 2013 dengan posisi lebih baik di klasemen.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Formula 1
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X