Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih dan Atlet Ski Ukraina Tolak Bertanding

Kompas.com - 21/02/2014, 00:02 WIB
SOCHI, Kompas.com - Seorang atlet ski Ukraina bersama pelatihnya mengundurkan diri dari ajang olimpiade musim dingin di Sochi sebagai bentuk protes mereka atas tindak kekerasan yang terjadi di negara mereka.

Bogdana Matsotska dan pelatinbya, Oleg Matsotskiy menyatakan tidak dapat menerima terjadinya pembantaian di Kiev. Matsostskiy yang juga ayah dari sang atlet menganggap pemerintah Preiden Viktor Yanukovych telah menolak melakukan dialog dan memilih melakukan tindakan kekerasan.

"Sebagai bentuk protes terhadap tindakan seperti kriminal terhadap para pengiunjuk rasa, kami mneyatakan mundur dari pelaksanaan Olimpiade Sochi 2014 ini," demikian pernyataan sikap Oleg Matsoskiy.

Menurut mereka, Yanukovich telah membawa pertumpahan dari antarbangsa Ukraina. "Jayalah Ukraina, jayalah juga para pahlawan," demikian ungkap Matsotskiy.

Keluarga  Matsotskiy berasal dari  wilayah Ivanbo-Frankivsk. Wilayah sebelah barat Ukraina ini merupakan basis anti-Yanukovych.

ketua Komite Olimpik Ukraina, Serfei Bubka mengatakan  tidak dapat melarang para pengelana dunia asal Ukraina  membuka simpati buat para korban pertikaian politik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com