Olimpiade Ternoda, Grup Musik Pussy Riot Diserang

Kompas.com - 19/02/2014, 22:08 WIB
Olympic, ilustrasi Olympic, ilustrasi
EditorTjahjo Sasongko
SOCHI, Kompas.com - Anggota kelompok musik kritis Rusia, Pussy Riot diserang sekompok milisi suku Kosak saat mencoba tampil di seputaran arena Olimpiade musim dingin di Sochi, Rabu (19/02/2014).

Enam anggota kelompok Pussy Riot -5 wanita dan 1 pria- diserang setidaknya 10 anggota kelompok milisi Kosak. Seorang penyerang menggunakan  semprotan bubuk merica, sementara penyerang lainnya  merusak peralatan musik serta meringkus para anggota Pussy Riot.

Para anggota kelompok milisi Kosak ini menarik  penutup muka para anggota Pussy Riot. Pimpinan grup, Nadezhda Tolokonnikova bahkan dipukuli saat sudah berbaring di tanah.

Insiden berlangsung cepat hanya dalam waktu tiga menit. Para penyerang kemudian meninggalkan lokasi sebelum polisi tiba, meninggalkan  anggota pria kelompok Pussy Riot mengalami cedera hidung berdarah.

Pussy Riot merupakan kelompok musik yang kritis terhadap pemerintahan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Mereka menyuarakan protes mereka terhadap pelanggaran hak asasi di negara tersebut dan juga tidak diakuinya hak kaum homoseksual.

Pada 2012, Pussy Riot menjadi isu internasional setelah mereka harus menjalani hukuman pidana  karena tampil di Kathedral di Moskwa. Padahal saat itu mereka menyebut tengah berdoa kepada Santa Maria untuk menyelamatkan Rusia dari kediktatoran Putin.

Dua anggota grup, Tolokonnikova dan Maria Alekhina dijatuhi hukuman penjara dua tahun, namun dibebaskan Desember lalu karena tekanan internasional menjelang berlangsungnya Olimpiade musim dingin di Sochi.

Selasa lalu, dua anggota grup tiba di Sochi, namun tidak ditahan. Pussy Riot mendesak boikot terhadap Olimpiade musim dingin dan menyebut para pemimpin negara yang datang ke Sochi merupakan pendukung pemerintah represif Putin.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber AP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X