Jatah Pemain Tunggal Bulu Tangkis Dikurangi pada Olimpiade 2016

Kompas.com - 13/02/2014, 15:59 WIB
Pebulu tangkis China, Lin Dan, memberi hormat pada bendera China yang dikibarkan bersamaan dengan dilantunkannya lagu kebangsaan China, saat memenangkan gelar juara dunia pada BWF World Championships 2013, di Guangzhou, China, Minggu (11/8/2013). sports.sina.com Pebulu tangkis China, Lin Dan, memberi hormat pada bendera China yang dikibarkan bersamaan dengan dilantunkannya lagu kebangsaan China, saat memenangkan gelar juara dunia pada BWF World Championships 2013, di Guangzhou, China, Minggu (11/8/2013).
EditorPipit Puspita Rini
KOMPAS.com - Setiap negara hanya boleh maksimal mengirimkan dua wakil di nomor tunggal (putra atau putri) pada Olimpiade Rio 2016. Inilah aturan baru yang dikeluarkan federasi bulu tangkis dunia (BWF).

Pada Olimpiade London 2012, tiap negara bisa mengirimkan tiga wakil di nomor tunggal, jika semua berada di peringkat delapan teratas dunia.

Aturan ini jelas menguntungkan China yang akhirnya meloloskan Lin Dan, Chen long, dan Chen Jin untuk tunggal putra, serta Li Xuerui, Wang Shixian, dan Wang Yihan di bagian putri. Ketika itu, China merupakan satu-satunya negara yang memiliki tiga pemain di peringkat delapan teratas dunia.

Pada Olimpiade 2016, berapapun suatu negara memiliki pemain di peringkat 16 besar dunia, hanya dua dari tiap nomor yang boleh berangkat ke Brasil. Jumlah ini akan sama dengan nomor ganda (putra, putri, maupun campuran) yang sebelumnya sudah berlaku aturan maksimal dua pasang untuk tiap negara.

Daftar peringkat dunia yang dikeluarkan BWF pada 5 Mei 2016 akan jadi patokan untuk menentukan para pemain yang lolos ke Olimpiade. Daftar ini akan berdasar prestasi pemain yang diraih selama periode 4 Mei 2015 hingga 1 Mei 2016.

Turnamen-turnamen yang diselenggarakan BWF akan jadi ajang untuk mencari poin, termasuk Thomas & Uber Cup, Sudirman Cup, World Campionships, dan turnamen Superseries.

Secara keseluruhan, tiap negara juga punya kuota maksimal untuk pemain yang dikirim, yakni 16 (sebelumnya 18), terdiri dari delapan pemain putra (tunggal atau ganda) dan delapan putri.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber BWF
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X