Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lin Dan Mulai Berlatih Lagi

Kompas.com - 30/01/2014, 13:15 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Legenda bulu tangkis China, Lin Dan, mengisyaratkan mulai berlatih kembali dan akan segera mengikuti pertandingan kompetisi dunia dua bulan mendatang.

"Saya memiliki target bertanding kembali di sirkuit internasional dan mengumpulkan poin agar berhak tampil di turnamen (superseries)," kata Lin Dan seperti dikutip badzine dari kantor berita China, Xinhua.

"Saya akan mulai berlatiih di Linghsui selama 28 hari dan kembali bertanding. Tujuan utama saya adalah memperbaiki peringkat saya saat ini," kata Lin Dan yang kini menempati peringkat 103 dunia.

Dengan keyakinan ini, Lin Dan tampaknya siap tampil di turnamen kelas superseries. Namun, ia harus memperoleh wild card lagi untuk dapat tampil di kejuaraan dunia tahun ini. Ia mendapatkan wild card saat tampil dan menjadi juara di kejuaraan dunia 2013 lalu.

Lin Dan juga tidak menampik kemungkinan bertanding lagi di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mëndatang. "Jika kondisi saya siap untuk dua tahun mendatang, saya tidak mengesampingkan kemungkinan tampil di Rio," kata Lin Dan. Ia juga berharap pesaing utamanya asal Malaysia, Lee Chong Wei, juga akan tampil di Rio.

Lin Dan memutuskan beristirahat setelah memenangi medali emas Olimpiade London pada 2012 lalu dengan mengalahkan kembali Lee Chong Wei di final. Ia kemudian tampil kembali di kejuaraan dunia pada Agustus lalu. Meski sempat tampil di pekan olahraga nasional China serta Liga Super China, Lin Dan tidak mau mengikuti pertandingan di luar negaranya.

Dengan kembalinya Lin Dan, peluang China untuk mempertahankan kembali supremasi mereka di arena Piala Thomas menjadi semakin besar. China saat ini telah memiliki tunggal putra, Chen Long, yang menempati peringkat dua dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com