Kompas.com - 30/01/2014, 13:15 WIB
|
EditorTjahjo Sasongko
BEIJING, KOMPAS.com — Legenda bulu tangkis China, Lin Dan, mengisyaratkan mulai berlatih kembali dan akan segera mengikuti pertandingan kompetisi dunia dua bulan mendatang.

"Saya memiliki target bertanding kembali di sirkuit internasional dan mengumpulkan poin agar berhak tampil di turnamen (superseries)," kata Lin Dan seperti dikutip badzine dari kantor berita China, Xinhua.

"Saya akan mulai berlatiih di Linghsui selama 28 hari dan kembali bertanding. Tujuan utama saya adalah memperbaiki peringkat saya saat ini," kata Lin Dan yang kini menempati peringkat 103 dunia.

Dengan keyakinan ini, Lin Dan tampaknya siap tampil di turnamen kelas superseries. Namun, ia harus memperoleh wild card lagi untuk dapat tampil di kejuaraan dunia tahun ini. Ia mendapatkan wild card saat tampil dan menjadi juara di kejuaraan dunia 2013 lalu.

Lin Dan juga tidak menampik kemungkinan bertanding lagi di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mëndatang. "Jika kondisi saya siap untuk dua tahun mendatang, saya tidak mengesampingkan kemungkinan tampil di Rio," kata Lin Dan. Ia juga berharap pesaing utamanya asal Malaysia, Lee Chong Wei, juga akan tampil di Rio.

Lin Dan memutuskan beristirahat setelah memenangi medali emas Olimpiade London pada 2012 lalu dengan mengalahkan kembali Lee Chong Wei di final. Ia kemudian tampil kembali di kejuaraan dunia pada Agustus lalu. Meski sempat tampil di pekan olahraga nasional China serta Liga Super China, Lin Dan tidak mau mengikuti pertandingan di luar negaranya.

Dengan kembalinya Lin Dan, peluang China untuk mempertahankan kembali supremasi mereka di arena Piala Thomas menjadi semakin besar. China saat ini telah memiliki tunggal putra, Chen Long, yang menempati peringkat dua dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.