Lee Yong-dae Pilih Bulu Tangkis untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 16/01/2014, 09:32 WIB
Ganda putra Korea, Lee Yong-dae (kiri)/Yoo Yeon-seong mengekspresikan kemenangan mereka atas ganda Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pada semifinal Hongkong Open Superseries 2013, Sabtu (23/11/2013). BADMINTON PHOTOGanda putra Korea, Lee Yong-dae (kiri)/Yoo Yeon-seong mengekspresikan kemenangan mereka atas ganda Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, pada semifinal Hongkong Open Superseries 2013, Sabtu (23/11/2013).
EditorPipit Puspita Rini
BUKIT JALIL, KOMPAS.com - Seperti saat bermain di Jakarta, Lee Yong-dae juga jadi salah satu idola saat bertanding di Putra Stadium, Bukit Jalil, Malaysia. Pemain ganda Korea ini jadi salah satu peserta Malaysia Open Superseries Premier 2014, 14-19 Januari.

Dengan wajah tampan, badan proporsional, dan prestasi mengilap, wajar jika pemuda 25 tahun ini punya banyak penggemar. Tapi tahukah Anda, pada awalnya, menjadi atlet bulu tangkis bukanlah pilihan Lee. Dia menggeluti cabang ini dengan tujuan menurunkan berat badan.

"Saya dulu cukup gemuk, dan ketika berusia delapan tahun ibu saya mendaftarkan saya di klub badminton supaya berat badan saya turun," kata Lee tersenyum. "Dalam setahun, saya turun beberapa kilo. Saya tidak ingat berapa kilo, lalu saya memutuskan untuk berhenti karena misi sudah terpenuhi."

"Tetapi, pelatih saya berkata bahwa saya bagus dalam bermain dan mengajak saya untuk lanjut. Saya melakukannya dan setelah itu tak pernah berpikir untuk berhenti," tambahnya.

Lee membuat keputusan tepat. Sejak terjun ke persaingan dunia pada 2003, dia kini jadi salah satu ganda putra dan campuran terkuat di dunia. Hebatnya, dia selalu bisa mencatat prestasi tinggi, siapa pun yang jadi tandemnya.

Lee adalah peraih medali emas Olimpiade 2008 di nomor ganda campuran bersama Lee Hyo-jung. Dia juga memegang dua medali perak Olimpiade, serta dua kali memenangi World Championships (2007 dan 2009) nomor ganda putra, bersama Jung Jae-sung.

Saat ini, Lee berpasangan dengan Yoo Yeon-seong di ganda, dan Shin Seung-chan di ganda campuran. Di dua nomor tersebut, Lee berhasil melangkah ke babak kedua Malaysia Open.

Pada babak pertama, Rabu (15/01/2014), Lee/Yoo mengalahkan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf (Indonesia) 21-17, 21-19. Sementara Lee/Shin mengalahkan Chai Biao/Tang Jinhua (China), 16-21 21-19 21-15.

Baca tentang
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X