Ducati Berganti ke Kelas Open pada MotoGP 2014?

Kompas.com - 10/01/2014, 13:28 WIB
Pebalap Ducati asal Italia, Andrea Dovizioso duduk menunggu di pit saat sesi latihan bebas tiga GP Aragon yang berlangsung di Sirkuit MotorLand, Sabtu (28/9/2013). AFP PHOTO/JAVIER SORIANOPebalap Ducati asal Italia, Andrea Dovizioso duduk menunggu di pit saat sesi latihan bebas tiga GP Aragon yang berlangsung di Sirkuit MotorLand, Sabtu (28/9/2013).
EditorPipit Puspita Rini
ITALIA, KOMPAS.com - Ducati memunculkan wacana untuk pindah kelas, dari pabrikan ke kelas open, pada MotoGP 2014. Jika ini terjadi, berarti hanya akan ada dua tim pabrikan musim depan, Honda dan Yamaha.

Keputusan ini belum final. Dalam sebuah wawancara dengan GPOne.com, pebalap Ducati Andrea Dovizioso mengatakan bahwa kedua mesin akan dievaluasi saat uji coba di Malaysia, awal Februari nanti.

"Belum ada keputusan yang dibuat, tapi begitu di Sepang, setelah uji coba kami akan memutuskan mana yang akan dipilih," kata Dovizioso.

Kelas open menggantikan kelas privateer sebelumnya, CRT (claiming rule team). Motor di kelas open masih akan memiliki keuntungan yang sama dengan CRT, seperti jumlah bahan bakar lebih banyak, cadangan mesin lebih banyak, dan spek ban belakang yang lebih lunak, dibandingkan motor pabrikan.

Tetapi, motor di kelas open harus memakai paket ECU (electronic control unit) standar komplit yang diproduksi Magneti Marelli, sementara motor pabrikan akan memakai software mereka sendiri.

"Pada (uji coba) di Jerez, sebenarnya perbedaan antara motor pabrikan atau open sangat minim. Mereka juga mengatakan respon motor berubah dengan perbedaan empat liter bahan bakar... Tapi bagaimana? Kami harus mencobanya dan melihat apakah akan ada perubahan-perubahan yang positif," tambah pebalap Italia tersebut.

Sejauh ini, hanya Yonny Hernandez yang secara resmi sudah mencoba motor Ducati versi kelas open, pada uji coba di Jerez, November lalu. Dovizioso dan rekan satu timnya, Cal Crutclow, serta Andrea Iannone (Pramac) masih mencoba motor pabrikan.

Honda dan Yamaha juga menyiapkan motor kategori kelas open, untuk disuplai pada tim yang membeli produk mereka. Motor-motor ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan mesin pabrikan.

Sementara Ducati, motor kelas open adalah motor pabrikan yang menggunakan standar ECU penuh.



Sumber crashnet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X