Kompas.com - 08/01/2014, 14:28 WIB
EditorTjahjo Sasongko

WASHINGTON/.BEIJING, Kompas.com - Legenda NBA, Dennis Rodman  menyalahkan kegiatan misionaris asal Amerika, Kenneth Bae yang ditahan di Korea Utara sejak November 2012.

Dalam wawancara dengan CNN dalam kunjungannya yang keempat di Korea Utara, Rodman menyebut penahanan Bae merupakan konsekuensi dari tindakannya di Korea Utara.

"Jika anda mengerti apa yang dilakukan Kenneth Bae. Apa yang dilakukannya di negara ini? Mengapa kemudian ia ditangkap?" kata Rodman. Ia menolak mengomentari kasus ini.

Pekan ini, Rodman membawa tim yang terdiri dari beberapa mantan pemain NBA untuk melakukan pertandingan persahabatan merayakan hari ulang tahun pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang disebut-sebut jatuh Rabu ini.

Pertandingan  ini dilangsungkan hanya beberapa pekan setelah tindakan kontroversial Jong Un yang mengeksekusi pamannya sendiri, Jang Song Thaek. Pamannya ini merupakan figur yang berpengaruh di Korea Utara semasa pemerintahan ayah Jong Un, Kom Jong Il.

Sementara juru bicara Gedung Putih, Jay Carney menolak mengomentari kepergian Rodman ke Korea Utara. "Ini adalah perjalanan pribadi yang dan tidak didukung pemerintah AS," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.