Kompas.com - 30/12/2013, 19:21 WIB
Michael Schumacher berpose sebelum bermain ski. Foto diambil pada 12 Januari 2006 POOL / AFPMichael Schumacher berpose sebelum bermain ski. Foto diambil pada 12 Januari 2006
EditorTjahjo Sasongko
GRENOBLE, KOMPAS.com — Kondisi pebalap legendaris F1, Michael Schumacher, masih kritis pasca-menjalani operasi bedah otak di Rumah Sakit Universitas Grenoble, Minggu (29/12/2013) malam.

Pihak rumah sakit mengatakan, Schumacher tiba di rumah sakit dalam kondisi koma setelah mengalami cedera di kepala akibat terjatuh saat bermain ski di pegunungan Alps, Perancis.

Pihak rumah sakit mengatakan, cedera pebalap asal Jerman ini memang parah karena saat terjatuh kepalanya membentur batu.

"Saat ini kondisinya masih kritis. Ia tengah mendapat perawatan intensif. Kondisinya juga sangat serius," kata Jean Francois Payen, Kepala Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Universitas Grenoble.

Menurut Stephan Chabardes, dokter yang memimpin operasi terhadap Schumacher, kondisi juara dunia tujuh kali itu terus memburuk setiba di rumah sakit.

Pihak rumah sakit memutuskan menjalani operasi setelah Schumacher mengalami koma. "Dengan  benturan sekeras itu, apabila tidak mengenakan helm, yang bersangkutan tentunya tidak berada di sini," kata Payen.

Schummy, panggilan akrab Schumacher, mengalami kecelakaan saat berlibur bersama keluarga di lokasi peristirahatan di Meribel, Alps, Perancis. Lokasi jatuhnya Schumacher terletak antara jalur Biche dan Mauduit sebenarnya tidak terlalu berbahaya karena tidak berpohon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Manajer resor tempat keluarga Schumacher menginap mengatakan, pihaknya selalu menganjurkan tamu yang akan melakukan aktivitas ski untuk mengenakan helm pelindung kepala.

Ia juga mengatakan, setelah kejadian, Schumacher langsung dibawa ke Resor Grenoble dan menjalani tes yang menunjukkan situasi tidak berbahaya bagi keselamatan jiwanya.

Namun, situasi kemudian memburuk setelah dokter pribadi Schumacher, Gerrad Saillant, tiba di Grenoble untuk memeriksa kondisi mantan pebalap tim Ferrari tersebut.

Saillant pernah melakukan operasi bedah terhadap Schumacher saat Schumacher mengalami patah tulang dalam kecelakaan di lomba di sirkuit Silverstone pada 1999. Saillant memutuskan Schumacher langsung dibawa ke rumah sakit.

Manajer Schumacher, Sabine Kehm, menyebut, saat mengalami kecelakaan, Schumacher tengah bersama beberapa teman dan putranya yang berusia 14 tahun, Mick.

Saat ini, Schumacher ditunggui keluarga serta pimpinan tim Ferrari, Jean Todt, serta Ross Brawn, petinggi Ferrari yang telah pindah ke Mercedes.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.