Kompas.com - 18/12/2013, 13:05 WIB
Indonesia singkirkan Myanmar di ajang sepakbola SEA Games XXVII/2013. 27 SEA GamesIndonesia singkirkan Myanmar di ajang sepakbola SEA Games XXVII/2013.
EditorTjahjo Sasongko
NAYPYIDAW, KOMPAS.com — Kontingen Indonesia kembali merosot ke urutan empat perolehan medali SEA Games XXVII di Naypyidaw, Myanmar, Rabu (18/12/2013).

Indonesia yang mengumpulkan 45 medali emas, 58 perak, dan 62 perunggu merosot satu tingkat dari klasemen Selasa (17/12/2013), setelah tuan rumah Myanmar menyodok langsung ke urutan dua dan menggeser Vietnam.

Kini Myanmar menempati urutan dua dengan 50 medali emas, 39 perak, dan 46 perunggu. Di peringkat puncak masih bercokol Thailand dengan 64 medali emas, 60 perak, dan 56 perunggu. Sementara Vietnam berada di peringkat tiga dengan 49 medali emas, 44 perak, dan 53 perunggu.

Sementara itu, timnas sepak bola Indonesia U-23 akhirnya merasakan lapangan Zeyar Thiri setelah memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2013 dengan mengalahkan tuan rumah Myanmar 1-0.

Pada hari Rabu, Andik Vermansyah dan kawan-kawan mulai berlatih—pertandingan semifinal melawan Malaysia—di Stadion Zeyar Thiri Naypyidaw, Myanmar, Kamis (19/12/2013).

Setibanya di lapangan Zeyar Thiri, anak asuh Rahmad Darmawan ini langsung melakukan latihan ringan. Meski baru pertama kali merasakan lapangan yang digunakan pertandingan semifinal, pemain timnas terlihat gembira.

Para pemain yang dibawa menjalankan instruksi pelatih. Hanya satu pemain yang tidak mengikuti latihan, yaitu Ferinando Pahabol, karena mengalami lecet pada kelingking kaki kanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemain Persipura Jayapura itu mengaku secara umum kondisinya bagus. Namun, untuk mengetahui kondisi terakhir cederanya, dirinya akan terus melakukan konsultasi dengan dokter timnas. "Nanti malam akan dilihat lagi," kara Ferinando Pahabol di Stadion Zeyar Thiri.

Sementara itu, Pelatih Timnas Rahmad Darmawan mengatakan, pihaknya telah memantau kekuatan calon lawan, Malaysia.

"Kemarin saya, Pak Satria Badja, serta tim HPU melihat pertandingan Malaysia melawan Vietnam," katanya sebelum memimpin latihan.

Timnas Garuda Muda pada pertandingan melawan Malaysia dituntut untuk menang karena untuk memenuhi target, yaitu meraih emas SEA Games. Jika menang, di partai final Indonesia akan bertemu dengan pemenang antara Singapura dan Thailand.

Peringkat perolehan medali Indonesia:
Thailand      64     60     56
Myanmar     50     39     46
Vietnam       49     44     53
Indonesia     45     58     62
Malaysia      27     25     48
Singapore    22     21     31
Philippines  15     21     26
Cambodia       5     7     14
Laos                4     7     22
Brunei               1     1     4
Timor-Leste      1     0     1Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.