Grosjean: Memakai Jasa Psikolog Bukan Bukti Kelemahan

Kompas.com - 17/12/2013, 16:46 WIB
Pebalap Lotus asal Perancis, Romain Grosjean (tengah) berdiskusi dengan kru di pit saat sesi latihan bebas kedua GP India di Sirkuit Buddh International, Jumat (25/10/2013). AFP PHOTO/PRAKASH SINGHPebalap Lotus asal Perancis, Romain Grosjean (tengah) berdiskusi dengan kru di pit saat sesi latihan bebas kedua GP India di Sirkuit Buddh International, Jumat (25/10/2013).
Penulis Norma Gesita
|
EditorPipit Puspita Rini
KOMPAS.com - Tak banyak yang tahu bahwa pebalap Lotus, Romain Grosjean, selama ini memakai jasa psikolog untuk membantunya menjalani ketatnya persaingan balapan Formula One. Ayah satu putra ini menegaskan bahwa keputusan tersebut diambil bukan karena dia memiliki kelemahan atau masalah. Baginya, ini justru merupakan indikasi adanya peningkatan.

Untuk meningkatkan performa, Grosjean bekerja sama dengan psikolog selama musim 2013. Tetapi, pebalap Perancis ini menegaskan bahwa hal tersebut bukanlah kunci terpenting perbaikan performanya di lintasan.

"Dia terbiasa bekerja dengan atlet tingkat tinggi, dan hampir semua juara Olimpiade dari Perancis bekerja sama dengannya," kata Grosjean tentang psikolognya. "Kadang-kadang kami berbicara tentang beberapa hal, dan hal-hal yang berlainan di lain waktu. Ini tergantung dengan di mana kamu berada dan apa yang kamu butuhkan."

"Itu sebabnya saya memulai ini, karena saya cukup pintar untuk berpikir bahwa saya membutuhkan bantuan. Ini bukan bukti kelemahan, melainkan merupakan kekuatan untuk selalu memperbaiki diri. Itulah mengapa saya masih bekerja sama dengannya seminggu sekali, baik melalui telepon atau saya langsung menemuinya untuk mengobrol," papar Grosjean.

Grosjean berencana untuk terus menggunakan jasa psikolog pada musim depan. Dia masih akan membalap untuk Lotus dengan partner berbeda dari musim 2013. Pastor Maldonado akan masuk, menggantikan Kimi Raikkonen yang hijrah ke Ferrari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber crashnet
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X